200 Guru Ditugaskan di Desa Terpencil

200 Guru  Ditugaskan di Desa Terpencil

\"GURU-SD\" BINTUHAN, BE- Tahun 2013 ini pihak Dispenbud Kaur mengusulkan sebanyak 200 guru yang akan di perbantukan di 12 SD terpencil. Mengingat usulan tersebut kemarin sudah masuk melalui data aplikasi ke pusat, namun berapa kouta guru terpencil yang diberikan pusat hal ini masih menunggu petunjuk dari Kemenbud. \"Saat ini memang kebutuhan guru untuk terpencil agar terpenuhi memang 200 orang.  Sesuai  pendataan kita beberapa bulan yang lalu. Kemudian nantinya ada setiap sekolah itu diberikan 4 hingga 6 guru terpencil,\" ujar Kadispenbud Kaur M Daud Abdullah SPd melalui Kasubag Kepegawaian Medi Mursalin SPd,  kemarin.

Dikatakanya, sebanyak 200 guru yang diusulkan tersebut nantinya akan ditempatkan 12 SD terpencil yakni, SDN 10 Desa Air Bacang Maje, SDN 13 Tanjung ur Maje, SDN 14 Pematang Danau Maje, SDN 2 Muara Dua Nasal, SDN 6 Air Pahlawan Nasal, SDN 7 Sumber Harapan Nasal, SDN 8 Trijaya Nasal, SDN 10 Sukajaya Nasal, SDN 11 Kulek Sialang Nasal SDS Pematang Sumi Nasal, SDN 6 Nunukan Muara Sahung dan SDN 7 SP4 Serdang Indah Luas. Semuanya akan tercukupi jika guru honorer tersebut disetujui pusat.

\"Kita harapkan jika disetujui pusat maka semuanya terpenuhi, namun semuanya masih menunggu kouta untuk kabupaten Kaur tahun ini, jika kurang dari 200 maka kemungkinan 1 atau 2 guru yang akan ditempatkan di SD terpencil tersebut,\" jelasnya.

Tahun sebelumnya,  ada 86 guru terpencil namun sesuai hasil evaluasi ada beberapa guru yang mengudurkan diri ditambah juga jarang masuk. Makanya pihaknya langsung melakukan evaluasi sehingga ada sekitar 30 guru terpencil yang kini di berhentikan. \"Makanya saat ini banyak sekolah terpencil khususnya 12 SD itu sangat kekurangan guru, karena rata-rata 1 PNS dan 6 guru honorer bahkan ada seperti SDN 14 Pematang danau hanya 1 PNS dan 3 honorer. Hal ini pihaknya sudah akan menyikapi dengan baik,\" jelasnya.

Sementara itu, kouta guru terpencil akan turun sekitar bulan maret mendatang mengingat. Sesui informsi saat ini pusat tengh mengevaluasi untuk kouta guru terpencil secara Nasional, setelah itu maka akan dilakukan pembagian sesuai provinsi baru Kabupten.\"Tahun lalu kita mendapatkan kouta guru terpencil sebanyak 15 orang, namun untuk tahun ini kita harapkan lebih dari itu jika bisa 200 orang diterima semuanya,\" jelasnya.(823)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: