Rumah Pintar Pemilu Diresmikan

Rumah Pintar Pemilu Diresmikan

TUBEI, Bengkulu Ekspress - KPU Kabupaten Lebong meresmikan Rumah  Pintar Pemilu (RPP) yang terdapat di Kantor KPU Lebong, pada Selasa (16/5). Peresmian ditandai dengan pemotongan pita yang dilakukan langsung oleh Ketua KPU Provinsi Bengkulu, Irwan Saputra SAg MM.

Dijelaskan Irwan, RPP merupakan program dari KPU pusat. Di Provinsi Bengkulu, hanya 3 KPU yang ditunjuk sebagai pilot project program ini. Yaitu KPU Kota Bengkulu, KPU Seluma dan KPU Lebong. Diharapkan RPP ini dapat dijadikan oleh masyarakat Kabupaten Lebong, khususnya bagi pemilih pemula sebagai salah satu sarana edukasi tentang kepemiluan.

\"Kewenangan penunjukkan tiga KPU ini merupakan kewenangan KPU RI,\" ujarnya.

Sementara  Komisioner KPU Lebong Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Devi Irawan SH mengatakan, kehadiran rumah pintar merupakan upaya KPU memberikan edukasi kepada masyarakat pemilih terkait berbagai informasi seputar kepemiluan dengan harapan kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi dalam demokrasi semakin meningkat. Didalam rumah pintar terdiri dari ruang tunggu, ruang display, ruang simulasi, ruang audio visual dan ruang diskusi.

\"Kami berharap masyarakat dapat berpartisipasi lebih luas dalam kepemiluan, dan dalam rumah pintar ini akan dilakukan berbagai kegiatan terkait peningkatan partisipasi pemilih dan pelayanan informasi publik,\" ujar Devi.

Sementara Wakil Bupati Lebong, Wawan Fernandez SH MKn yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengapresiasi kinerja KPU Kabupaten Lebong. Sehingga KPU RI menunjuk Kabupaten Lebong sebagai pilot project dalam pelaksanaan program rumah pintar.

\"Tentunya ada penilaian yang dilakukan oleh KPU RI, sehingga KPU Lebong ditunjuk sebagai salah satu pilot project program ini. Dan ini tentunya harus kita apresiasi, \" singkat Wawan.(***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: