Pemprov Usulkan 1.000 CPNS, Terbanyak Tenaga Pendidik

Pemprov Usulkan 1.000 CPNS, Terbanyak Tenaga Pendidik

BENGKULU, BE - Kesempatan masyarakat Bengkulu untuk menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) kembali terbuka lebar. Pasalnya tahun ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu telah mengusulkan seribu (1.000) kuota CPNS kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu, Drs Ari Narsa JS mengatakan, usulan ini masih akan diverifikasi oleh Kemendagri berapa yang akan disetujui nantinya.

\"Permintaan usulan sudah kita sampaikan, tinggi menunggu berapa kuota yang disetujui,\" terang Ari kepada BE, kemarin (16/5).

Disampaikannya, usulan seribu CPNS itu untuk formasi tenaga pendidik, kesehatan, tenaga teknis, penyuluh hingga pegawai IT. Terbanyak usulan itu diarahkan untuk tenaga pendidik, baik untuk tingkat SD, SMP sederajat maupun SMA/SMK. \"Rata-rata guru, jumlahnya memang hampir mencapai seribu orang CPNS,\" tuturnya.

Ari menambahkan, usulan ini disampaikan sebagai solusi terbaik, mengingat Bengkulu masih kurang tenaga pendidik. Sedangkan untuk formasi tenaga kesehatan, terbanyak diusulkan untuk dokter. Baik dokter spesialis, dokter ahli maupun dokter umum. \"Dokter kita juga masih banyak kurang di Bengkulu,\" tambah Ari.

Sedangkan tenaga administrasi, pemprov tidak bisa mengusulkannya, mengingat tenaga administrasi itu sudah berlebih.

Kemudian mengenai jadwal tes CPNS, Ari mengaku belum tahu. Hal itu bisa diketahui setelah usulan formasi disetujui oleh Kemendagri. \"Kita hanya mengusulkan, nanti kita tunggu keputusan dari Kemendagri,\" ungkapnya.

Lakukan Pemerataan Guru

Tak hanya mengusulkan kuota CPNS, Pemprov juga akan melakukan pemerataan kepada tenaga pendidik atau guru ditingkat SMA/SMK. Mengingat selama ini, banyak guru yang menumpuk di kota, sedangkan di daerah masih banyak kekurangan guru. \"Regulasinya sedang kita susun untuk pemerataan guru SMA/SMK,\" jelas Ari.

Pemprov sekarang sedang melakukan pemetaan, daerah mana maupun sekolah mana yang kekurangan tenaga guru PNS. Guru PNS yang ditempatkan nantinya juga tidak bisa melakukan penolakan. Hal tersebut sesuai dengan tegas dan fungsi sebagai PNS dalam melakukan pengambdian kepada negara. \"Mereka semua ini PNS, jadi jelas dalam undang-undang harus siap ditempatkan dimana saja,\" tambah Ari.

Meski demikian Pemprov juga akan mempertimbangkan kesejahteraan guru PNS yang akan ditempatkan di daerah. Baik untuk tunjangan khususnya maupun kemudahaan dalam melakukan kenaikan pangkat jabatannya. \"Nanti kita berikan kemudahaan untuk pangkatnya, termasuk tunjangannya akan kita usulkan,\" pungkas Ari. (151)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: