Menko PMK: Pemkab Wajib Sediakan Lahan Sekolah

Menko PMK: Pemkab Wajib Sediakan Lahan Sekolah

TAIS, BE- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani menegaskan Pemerintah kabupaten Seluma diminta untuk menyediakan lahan untuk sekolah. Khususntya untuk sekolah yang bangunannya masih menumpang.

“Ini tugas dari pemerintah kabupaten Seluma untuk mencarikan lahan agar sekolah mulai dari TK, SD, SMP dan SMK memiliki lahan tersendiri dan tidak lagi menumpang dilahan warga,” ujarnya, kemarin (15/5).

Dia tidak menginginkan lagi ada bangunan sekolah berada di lahan warga. Termasuk bagunan sekolah hanya berdindingkan papan dan berlantaikan tanah. “Saya tidak ingin lagi mendapat kabar sekolah berdindingkan papan dan berlantaikan tanah di seluma ini. Mulai saat ini sudah harus bisa memprioritaskan pembangunan pendidikan,”harapnya.

Dia mengatakan, ini merupakan tugas utama dari kepala dinas, bupati dan wakil bupati untuk mencarikan lahan. Sedangkan untuk anggran pembangunan sendiri dapat mengusulkan kementerian pendidikan secara langsung.

Dalam lawatannya bersama Mendikbud Prof DR Muhadjir Effendy MAP, ke Kabupaten Seluma rombongan juga didampingi oleh Kapolda Bengkulu Berigjen Drs Coki Manurung SH MH dan Wakil Gubernur Provinsi Bengkulu Dr Drh Rohodin Mersyah.

Secara langsung memberikan bantuan kepada sejumlah sekolah dan TK di kabupaten Seluma. Diaantaranya menyempatkan untuk mengunjungi PAUD Melati Kelurahan Dusun Baru kecamatan Seluma Kabupaten Seluma dan menyerahkan bantuan Alat Peralatan PAUD rehab gedung Rp 70 juta, Bantuan untuk TK Pelita Bunda Rp 310 juta. Bantuan TK Satya Sai berupa peralatan edukasi senilai Rp 30 juta. Selain itu, Puan maharani mengharapkan seluruh guru untuk bisa memberikan pemahaman mendalam terhadap Pancasila dan kesatuan.

“Terpending program pendidikan haruslah meningkat termasuk kepada guru sekolah agar bisa menanamkan satu kesatuan sedari dini dan mengimplementasikan pancasila dalam kehidupan. Termasuk menjaga keutuhan NKRI,”sampainya.

Selain memberikan bantuan tersebut rombongan Menko PMK dan Mentri Pendidikan dan kebudayaan juga memberikan Kartu Indonesia Pintar(KIP) kepada 374 Pelajar di kabupaten Seluma. Mulai dari SD hingga SMA/SMK di kabupaten Seluma. Hanya saja, dengan KIP ini seluruh pelajar yang menerimanya sudah bisa menggunakannya dan memanfaatkannya untuk sekolah. Hanya saja, bagi mereka yang belum menerima agar dapat melaporkan ke dinas terkait.

“Siswa SD sebesar Rp 450, SMP Rp 750 & SMA/K Rp 1 jt setiap tahunnya. Khusus mereka yang belum agar bisa sampaikannya kepada Kepala Dinas sehingga bisa di tindak lanjuti mendapatkan untuk mendapatkan KIP tersebut.”sampainya lagi.

Diketahui, rangkaian Peringatan Hardiknas yang ke 72 th, Menko PMK dan Mentri Pendidikan dan kebudayaan secara simbolis menyerahkan mobil bioskop keliling ke Bupati Seluma Bpk H Bundra Jaya Sh Mh. Penyerahan buku cerita rakyat sebanyak 40 judul ada 500 eksemplar. Selain itu, juga dilakukan deklarasi Seluma membaca Alquran sebagai penguatan nilai relijius pendidikan karakter.

“saya harap apa yang kita lakukan saat ini bisa bermanfaat bagi kita semua termasuk pelajar tetap menjaga satu kesatuan NKRI sampainya,”ujarnya singkat.(333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: