Danrem Imbau Jaga Persatuan dan Kesatuan

Danrem Imbau Jaga Persatuan dan Kesatuan

BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Setiap tanggal 20 Mei, Bangsa Indonesia memperingati Hari Kebangkitan Nasional untuk mengenang sebuah peristiwa besar, yakni  para pahlawan  mengalami titik puncak yang menjadi awal kebangkitan rasa nasionalisme, sehingga mampu menggetarkan kekuatan penjajah dan merebut kemerdekaan.

Danrem 041/Gamas, Kolonel Inf Andi Muhammad mengatakan dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional, maka semua pihak termasuk masyarakat harus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

\"Rakyat yang kuat akan membuat bangsanya juga kuat, oleh karena itu persatuan dan kesatuan harus kita jaga bersama,\" ungkap Andi Muhammad pada acara jalan sehat yang digelar Kodim 0407/Bengkulu di Sport Center, Kota Bengkulu, kemarin (14/5).

Menurutnya, keindahan nuansa kemerdekaan ini bisa dirasakan karena adanya jerih payah dan perjuangan tokoh bangsa zaman penjajahan dulu. Sudah 109 tahun berlalu, langkah-langkah kebangkitan bangsa Indonesia terus maju, hidup, dan berkembang, sehingga dengan globalisasi yang ditandai dengan perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya dibidang informasi, komunikasi, dan transportasi.

\"Nikmatnya kemerdekaan dan kemajuan teknologi yang bisa kita nikmati ini adalah buah perjuangan dari para pahlawan pendahulu kita dahulu, bila tidak ada perjuangan mereka tentu semua ini tidak bisa kita rasakan,\" tutur Andi Muhammad.

Seiring dengan tema penyelenggaraan Hari Kebangkitan Nasional tahun 2017 ini, yaitu Mengukir Makna Kebangkitan Nasional dengan mewujudkan Indonesia yang bekerja nyata, mandiri, dan berkarakter, diharapkan agar pemaknaan kebangkitan nasional lebih difokuskan padaperwujudan kerja nyata dan pembangunan manusia yang berkarakter.

\"Bangsa ini harus kembali pada semangat ke Bhineka Tunggal Ika, semangat Pancasila dan rasa senasib dan sebangsa, kembali pada kepribadian nasionalnya sendiri. Sebab, jika negara ingin kuat dan langgeng, maka harus ditata berdasarkan hukumnya sendiri dan berdiri di atas kepribadian nasionalnya sendiri,\" jelas Andi Muhammad.

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-109 tahun 2017 ini hadir membawa pesan, yaitu keharmonisan dalam kemajemukan di atas Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

\"Dalam rangka memperingati Harkitnas ke-109 Tahun 2017 sudah menjadi kewajiban kita untuk tetap selalu menjaga nilai-nilai luhur budaya bangsa dengan menjadikannya pedoman kita dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Semoga dalam rangka peringatan Hari Kebangkitan Nasional, rakyat Indonesia dan generasi penerus perjuangan para pendahulu mendapatkan lecutan semangat nasionalisme dalam perjuangan tanpa pamrih yang dilakukan para pejuang dan pahlawan bangsa ini,\" tambah Andi Muhammad.

Sementara itu, Dandim 0407/Bengkulu, Osmar Silalahi mengatakan, ia dan jajaran tidak akan berhenti berkiprah untuk bangsa dan negara khususnya di wilayah Provinsi Bengkulu. \"Kami akan terus melakukan yang terbaik untuk negara terutama provinsi Bengkulu,\" ujar Osmar.

Osmar juga berharap kepada masyarakat Bengkulu untuk menjaga persatuan dan kesatuan  untuk dapat mengaktualisasikan nilai dan makna kebangkitan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, demi terciptanya sebuah kemandirian bangsa Indonesia yang hakiki, adil makmur, dan sentosa.

\"Kami harap masyarakat ikut memaknai hari kebangkitan ini dengan terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dan terus menjaga nilai-nilai luhur Indonesia,\" tutur Osmar.

Terakhir Osmar mengatakan, salah satu kontribusi Kodim 0407 dalam perannya meningkatkan persatuan dan kesatuan adalah dengan menggelar acara seperti jalan sehat. Karena peserta jalan sehat dari berbagai kalangan baik ras, agama, dan suku dan semuanya secara bersama-sama bekumpul tanpa memperdulikan perbedaan yang ada di antara mereka.

\"Tujuan dari semua ini adalah meningkatkan persatuan dan kesatuan dalam rangka hari kebangkitan nasional dan tidak menjadikan perbedaan diantara kita sebagai alasan untuk terjadi perpecahan,\" tukasnya.(999)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: