Petani Ipuh Butuh Irigasi

Petani Ipuh Butuh Irigasi

\"irigasi\"IPUH, Bengkulu Ekspress –  Petani padi di wilayah Kecamatan Ipuh Kabupaten Mukomuko dan sekitarnya membutuhkan dan telah diusulkan agar pemerintah melakukan pembangunan irigasi untuk mengaliri persawahan lebih dari seratus hektar di kecamatan tersebut. Pasalnya, hingga saat ini masih mengandalkan sawah tadah hujan.

“Usulannya sudah lama disampaikan. Termasuk pihak – pihak terkait dari Pemda Mukomuko sudah cek lokasi. Hanya saja hingga saat ini belum ada realisasi untuk pembangunan irigasi tersebut,”ujar petugas pertanian Kecamatan Ipuh, Selamat dikonfirmasi Bengkulu Ekspress.

Menurutnya, potensi yang ada tersebut untuk meningkatkan produksi padi  sawah belum didukung dengan irigasi. Kekurangan air persawahan merupakan kebutuhan yang mendesak, karena petani sawah sangat ketergantungannya dengan air. “Areal persawahan tersebut belum dapat menghasilkan panen yang memadai. Ratusan hektar di wilayah ini hanya mengandalkan sawah tadah hujan,” ujarnya. Jika saluran irigasi dibangun dan memadai.  Selain produksi  lebih baik, juga akan meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya petani padi sawah. (900)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: