Tumbuhkan Perekonomian Bengkulu Bersama BSM

Tumbuhkan Perekonomian Bengkulu Bersama BSM

BENGKULU, BE - Direktur Supervisi Kanwil II Bank Syariah Mandiri (BSM) beserta jajarannya mengunjungi Graha Pena Bengkulu Ekspress Pukul 09.00 WIB, kemarin (21/3).

Kunjungan tersebut membahas potensi Bengkulu sebagai lokasi yang strategis dan dapat menjadi mesin pendorong kemajuan perekonomian karena banyak usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Provinsi Bengkulu.

Direktur Supervisi Kanwil II BSM, Fahmi Ridho mengatakan, mengingat banyaknya UMKM di Bengkulu yang membuat potensi Bengkulu semakin besar bila dikembangkan. \"Bengkulu sebenarnya sangat berpotensi untuk berkembang karena keberadaan UMKM yang cukup banyak, maka kami dari pihak BSM sangat bersedia untuk membantu,\" ujar Fahmi di hadapan karyawan BE yang hadir.

Ia mengatakan, sekarang respon masyarakat terhadap bank syariah semakin meningkat dari tahun ke tahun karena semua produk bank konvensional ada di bank syariah bahkan dengan aturan yang lebih ringan.

\"Bank Syariah Mandiri melayani universal, siapapun bisa dilayani tidak memandang suku, agama, ras dan antar golongan (SARA), pelayanannya juga lebih mudah dengan aturan yang lebih ringan dan mudah,\" tambahnya.

Berdasarkan modal inti atau aset yang dimiliki BSM masuk dalam kelompok Bank Umum Kelompok Usaha (BUKU) 3 yaitu bank dengan modal inti Rp 5 triliun sampai dengan kurang dari Rp 30 triliun.

\"Bank Syariah Mandiri berada di peringkat 18 dari beberapa bank yang memiliki aset terbesar setara dengan Citibank, BCA dan lainnya, dengan aset keuangan tahun 2016 Rp 78 triliun dan sekarang meningkat menjadi Rp 80 triliun\" ujarnya.

Bila dilihat dari nilai pendanaan (funding) se-nasional BSM berada di peringkat 14. \"Nilai funding kami mencapai Rp 70 triliun dan laba Rp 325 miliar, secara umum BSM sudah on track dan tumbuh dengan menggalakkan pendanaan yang berkualitas,\" tambahnya.

Diakuinya, perbedaan bank syariah dengan bank konvesional adalah pada bunga, karena dalam bank syariah hanya dikenal istilah margin. Tak hanya itu, BSM juga masuk merupakan grup dari PT Bank Mandiri tetapi merupakan Entitas terpisah karena beroperasi sesuai prinsip syariah tetapi tunduk dengan Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

\"Kami memang masuk ke Mandiri Grup, namun kami berlandaskan syariah bebas bunga sesuai dengan aturan dan bebas riba,\" jelas Fahmi.

Ia juga mengungkapkan program yang dijalankan oleh BSM sejalan dengan program Walikota Bengkulu dimana program Bengkuluku Religius yang dijalankan oleh Walikota Bengkulu seperti salat Subuh berjamah.

BSM juga melaksanakan Subuh berjamaah di seluruh Indonesia dan juga menggelar program acara di saat sahur dan berbuka puasa pada bulan Ramadhan nantinya.

\"Kami berterima kasih kepada Walikota dan juga BE karena bisa turut berpartisipasi mengisi berbagai kegiatan yang bermanfaat. Semoga dengan berkembangnya Bengkulu semakin banyak yang datang ke Bengkulu dimana pihak BSM selalu siap membantu dalam hal modal kepada para pelaku bisnis dan usaha di Bengkulu,\" ujarnya.

Selain itu BSM juga menawarkan pembiayaan haji. Saat ini total jmaah haji yang sudah mendaftar di BSM sudah mencapai 1 juta jamaah tunggu, karena BSM dipercaya masyarakat untuk melaksanakan hajinya.

\"Kami juga sudah dipercaya dalam melakukan pembiayaan haji untuk masyarakat,\" pungkas Fahmi. Kacab BSM Bengkulu, Iswahyudi mengatakan Bengkulu Ekspress memiliki hubungan paling baik dengan BSM. Ia berterimakasih atas kerjasamanya dengan BE baik media online, TV, surat kabar dan kedepannya dapat menjadi lebih baik lagi.

\"Terima kasih atas kerjasama BE dengan BSM terkait semua bantuan kerjasama yang telah diberikan, semoga kedepannya semakin lebih baik lagi,\" tutur Iswahyudi.

Sementara itu, General Manajer Bengkulu Ekspress Sukatno MSI mengucapkan sangat berterimakasih atas kunjungan pimpinan BSM ke BE dan berharap kedepannya kerjasama antar keduanya dapat berjalan dengan lancar.

\"Kami berterimakasih atas kunjungan BSM ke BE, kami harap kerjasama kedepannya dengan BSM akan semakin baik,\" tukasnya

Dalam kunjungan ke Graha Pena BE, turut hadir Direktur Supervisi Kanwil II BSM, Fahmi Ridho, Area Manager Jambi - Bengkulu Erwan Khusaini, Kacab BSM Bengkulu Iswahyudi, Consumer Banking Departemen BSM Bengkulu M Eldian Hajirin dan M Suprihatin Asyari.

Kehadiran tersebut disambut baik oleh Pimpinan GM BE Sukatno MSi, GM BETV MFirdaus, Deputi GM Suherli Marabilie SE, Manager Pemasaran M Hadi N, Manager Personalia Agus Gunadi, dan segenap jajaran BE.(999)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: