Sediakan Pendeteksi KTP Palsu

Sediakan Pendeteksi KTP Palsu

TAIS, BE - Kekosongan blangko elektronik kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) ternyata dimanfaatkan sejumlah oknum untuk memalsukan KTP. Terkait masalah ini sejumlah pelayanan publik di Kabupaten Seluma menyediakan pendeteksi KTP palsu.

“Sejauh ini KTP palsu belum sampai ke Seluma, namun hal itu bisa saja terjadi. KTP palsu bisa dideteksi menggunakan alat khusus,” tegas Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil kabupaten Seluma H Hercules Jeraim MH melalui Kabid Pendaftaran Kependudukan Dewi Ilmawati SpSi kepada BE kemarin (16/3).

Dewi menerangkan, pendeteksi ini seharusnya juga dimiliki sejumlah instansi pelayanan publik. Guna mengatasi asli atau tidaknya KTP yang dimiliki warga tersebut. KTP yang telah dikeluarkan oleh Disdukcapil Seluma selalu diaktivasi terlebih dahulu. Jika telah diaktifasi tersebut maka terkoneksi dengan server dan menandakan KTP tersebut asli. Sedangkan yang tidak terkoneksi bisa dipastikan paslu. Kebanyakan saat ini aktifasi KTP yang telah cetak sudah dilakukan.

“Sebagian kecil sekali KTP warga yang belum diaktifasi, namun asli,” sambungnya.

Menurutnya, KTP-e terbaru saat ini sangat sulit untuk dipalsukan. Mengingat di KTP-e tersebut terdapat cip yang mudah diakses alat pendeteksi. Diharapkan warga yang belum diaktifasi KTP-e mereka bisa mendatangi Disdukcapil Seluma. Hal ini dilakukan agar terhindar dari anggpan KTP-e tersebut.

“Kita menduga KTP-e yang belum diaktivasi sangatlah sedikit, mengingat setiap selesai dilakukan pencetakan KTP-e tersebut selalu diaktifasi terlebih dahulu,” ujarnya.

Sementara itu, hingga saat ini Disdukcapil Seluma masih mengalami kekosongan blangko KTP. Bahkan kekosongan ini juga terjadi di seluruh kabupaten. Warga bisa memproses surat keterangan penganti KTP-e tersebut. Surat keterangan ini juga harus diberikan pepada warga yang sudah melakukan perekaman saja. Tidak bisa diberikan kepada pihak yang belum perekaman. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: