Empat Tahun Pimpin Kota Bengkulu Walikota Paparkan Keberhasilan

Empat Tahun Pimpin Kota Bengkulu Walikota Paparkan Keberhasilan

BENGKULU, BE - Sidang paripurna istimewa memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Bengkulu yang ke-298 di Gedung DPRD Kota Bengkulu, kemarin (16/3), dimanfaatkan Walikota H Helmi Hasan SE memaparkan keberhasilannya.

Selama 4 tahun bersama Wakil Walikota, Ir Patriana Sosialinda memegang kendali pemerintah kota, Helmi mengaku telah banyak program yang telah berhasil diwujudkannya.

Adapun sejumlah keberhasilan itu, seperti program Samisake, pembangunan RSUD Kota, Pariwisata, Peternakan dan upaya pembangunan BPRS tahun 2017 ini.

Seperti Samisake, sejak disalurkan sudah mengalami perkembangan cukup pesat. Dari data lapangan, Helmi Hasan menyebut dana yang salurkan berkembang menjadi Rp 38,5 miliar dan mengalami pertumbuhan sebesar 180,08 persen.

\"Insya Allah bila Perda Samisake selesai, kita bisa menggulirkan anggaran sebesar Rp 67 miliar. Dana sebesar itu akan berkembang menjadi kurang lebih Rp 122,66 miliar,\" kata Helmi Hasan dalam pidatonya.

Dibidang Industri dan perdagangan juga mengalami kemajuan yang cukup pesat. Hal itu dibuktikan dengan masuknya sejumlah investasi perdagangan yang membuat geliat ekonomi berkembang dan neraca perdagangan Kota Bengkulu bergerak positif. Apalagi tahun ini Pemda Kota akan mendirikan Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS) untuk penguatan permodalan UMKM di Bengkulu.

\"Ada Rp 2,8 triliun rencananya investasi masuk, seperti PT Semen Padang dengan investasi Rp 77 miliar dan PT Semen Merah Putih sebesar Rp 268 miliar sudah menanamkan modalnya,\" ungkap Helmi.

Untuk bidang peternakan dan pariwisata, lanjut adik kandung Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan ini juga menunjukkan prestasi cukup baik. Yakni jumlah ternak sapi meningkat sepanjang tahun. Untuk penguatan sektor pariwisata, Pemerintah Kota juga akan membangun alun-alun kota.

\"Dulu tahun 2014, ternak sapi potong hanya 650 ekor, sekarang sudah berkembang menjadi 6.185 ekor. Jumlah peternak juga meningkat menjadi 2.019 orang. Pariwisata 2017 akan dibangun Alun-alun kota yang tidak anti pedagang kaki lima,\" paparnya.

Di akhir pidatonya, Helmi berpesan agar warga Kota Bengkulu hidup dalam kebersamaan dan membuang jauh-jauh perbedaan untuk keberkahan Kota Bengkulu. Tak lupa, dia mengajak untuk terus menebar cinta dan kasih sayang pada sesama.

\"Cintai yang di bumi maka yang di langit akan mencintamu, sayangi yang di bumi maka yang di langit akan menyayangimu, dan tolong yang di bumi maka yang di langit akan menolongmu,\" imbuh Helmi Hasan mengakhiri pidatonya.

Sebelum Helmi memaparkan keberhasilannya, Ketua DPRD Kota Bengkulu Erna Sari Dewi SE yang meminpin sidang paripurna tersebut memaparkan sejarah berdirinya Kota Bengkulu dengan bahasa khas Bengkulu.

Menurut sejarahnya, pada masa penjajahan Jepang, di Kota Bengkulu menjadi ajang pertempuran untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Karenanya tidak sedikit pula putra Bengkulu yang gugur sebagai Kusuma Bangsa. Kemudian pada masa revolusi fisik, Kota Bengkulu menjadi tempat kedudukan Gubernur Militer Sumatera Selatan, Dr Akagani.

\"Sejak awal kemerdekaan Kota Bengkulu menjadi ibu kota Keresidenan Bengkulu dari Provinsi Sumatera Selatan. Setelah Bengkulu menjadi provinsi pada tanggal 18 November 1968, Kota Bengkulu resmi menjadi Ibu Kota Bengkulu,\" ujar Erna.

Berdasarkan Peraturan Daerah Kotamadya Bengkulu Nomor 01 Tahun 1991, bahwa setiap tanggal 17 Maret dicanangkan sebagai hari jadi Kota Bengkulu dengan moto \"Seiyo Sekato Kito Bangun Putri Gading Cempaka Menuju Kota Semarak, Sejuk, Meriah, Aman, Rapi dan Tenang\".

\"Oleh karena itu setiap tanggal 17 Maret pemerintah daerah bersama seluruh komponen Kota Bengkulu mengingat hari jadi Kota Bengkulu. Harap kita dalam rangka hari jadi ini, kita buat sebagai wahana untuk mengingat serta mengambil hikmah dari serangkaian perjalanan berdirinya Kota Bengkulu yang penuh dengan perjuangan, keterbatasan, tantangan, serta hambatan,\" pungkas Erna.

Pantauan BE, sidang paripurna ini juga dihadiri Asisten II Setda Provinsi Bengkulu, Dr H Iskandar ZO MSi, Wakil Ketua DPRD Provinsi Bengkulu, H Edison Simbolon SSos MSi serta segenap FPKD dan SKPD se-Kota Bengkulu ini. Seluruh tamu yang hadir terlihat menggunakan pakaian adat Bengkulu.(805)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: