Jalan Lebong Tandai Terkendala Izin

Jalan Lebong Tandai Terkendala Izin

\"Mian\"LEBONG TANDAI, Bengkulu Ekspress - Jalan di Desa Lebong Tandai Kecamatan Napal Putih, Kabupaten Bengkulu Utara hingga kini belum dibangun. Hal tersebut dikarenakan wilayah tersebut masuk ke dalam kawasan hutan lindung sehingga pembangunan jalan harus melalui izin dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLHK).

Bupati Bengkulu Utara, Ir Mian mengatakan karena hal tersebutlah sehingga Pemkab Bengkulu Utara belum bisa membangun jalan di kawasan Lebong Tandai itu.

\"Kami sudah 2 kali mengunjungi Lebong Tandai dengan Gubernur Bengkulu guna mengetahui kejelasan terkait lahan yang masuk dalam kawasan hutan lindung tersebut,\" ujarnya, kemarin (13/3).

Menurut Mian, pembangunan jalan di kawasan tersebut terdapat efek positif dan efek negatifnya masing-masing. Di satu sisi sangat dibutuhkannya akses jalan darat bagi masyarakat sekitar.

\"Kami menunggu keputusan dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup,\" sambungnya.

Selain itu, membangun akses jalan darat yang membuka hutan lindung juga membutuhkan proses yang memakan waktu yang cukup panjang.

Karena itu, Bupati berharap pembangunan tersebut jangan sampai mendapatkan banyak kecaman karena wilayah yang ingin dibangun jalan adalah masuk kawasan hutan lindung.

\"Karena termasuk sebagai wilayah hutan lindung maka proses perizinannya lebih panjang,\" jelasnya.

Ia menjelaskan, untuk suatu rencana program pembangunan harus sesuai aturan dan tidak bergerak semaunya saja, harus sesuai dengan prosedur dan aturan yang ada.

\"Semua ada aturannya, tidak bisa asal cepat. Jangan sampai program kerja malah melanggar aturan,\" tegasnya.

Jalan di Lebong Tandai memang diharapkan bisa terealisasi sehingga wilayah tersebut tidak masuk dalam wilayah terpencil lagi.

\"Pembangunan jalan itu sangat berarti agar Lebong Tandai tidak menjadi daerah yang terisolir dan terpencil lagi,\" tuturnya.

Diakui Mian, bukan hanya jalan yang harus dibangun di Lebong Tandai, tetapi juga jembatan dan infrastruktur pendukung lainnya utnuk memperlancar aktivitas warga.

\"Kami dari pihak pemerintah akan terus berusaha menjadikan wilayah Lebong Tandai lebih baik lagi,\" tukasnya.(cw2)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: