Diutamakan Mampu Bahasa Inggris dan Tidak Gaptek

Diutamakan Mampu Bahasa Inggris dan Tidak Gaptek

\"Lebong\"Lelang Jabatan Dibuka

TUBEI, Bengkulu Ekspress - Ada hal menarik dalam pelaksanaan proses diblelang jabatan tinggi pratama di lingkungan Pemkab Lebong, yang mulai besok (14/3) dibuka penerimaan berkas.

Dari 9 jabatan yang dibuka proses lelang, beberapa jabatan diantaranya harus memenuhi kualifikasi dan standar kompetensi kemampuan berbahasa Inggris. Tidak hanya mampu berbahasa inggris, namun juga diutamakan peserta lelang tidak gagap teknologi (gagap teknologi). Pasalnya, ketika menjabat jadi kepala dinas, setidaknya mampu mengikuti perkembangan teknologi yang semakin berkembang dan mengerti tentang informasi ITE.

Sekretaris Panitia Seleksi (Pansel) lelang jabatan jajaran Pemkab Lebong, Dalmuji Suranto mengungkapkan, untuk tahapan lelang, mulai besok (hari ini,red) telah dibuka tahapan pendaftaran untuk mengikuti lelang jabatan. Tahapan pendaftaran ini berlangsung hingga tanggal 1 April mendatang. \"Pendaftaran sudah dibuka besok dan berkas bisa diantarkan ke sekretariat pendaftaran di Kantor BKPSDM Kabupaten Lebong,\" kata Dalmuji.

Peserta yang mengikuti atau menyampaikan berkas untuk proses lelang, diharapkan benar-benar teliti. Dalam hal ini agar teliti dengan kelengkapan berkas yang merupakan syarat awal untuk mengikuti seleksi atau tahapan lelang selanjutnya. Misalnya legalisir ijasah harus basah bukan fotocopy, selanjutnya pernyataan harus bermaterai yang berlaku. Jangan sampai hal yang kecil tersebut menjadi kendala nantinya gagal pada seleksi kelengkapan berkas.

\"Artinya peserta benar-benar harus teliti dengan pemberkasan awal untuk pendaftaran menjadi calon peserta lelang, yakni mengenai kelengkapan secara administrasi,\" ungkap Dalmuji.

Selanjutnya, dalam proses lelang secara terbuka ini, beberapa persyaratan yang benar-benar harus dilengkapi dan diteliti. Antara lain seperti syarat minimal pernah dan atau sedang menduduki eselon 3 dengan jabatan yang berbeda minimal 2 kali. Golongan serendah-rendahnya 4a dan standar pendidikan minimal S1 dengan usia setinggi-tingginya 50 tahun pada saat pendaftaran.

Selain itu, peserta juga tidak pernah dijatuhi hukuman disiplin tingkat sedang atau berat atau tidak sedang menjalani hukuman disiplin. Selain itu juga, untuk peserta lelang kali ini, ada beberapa jabatan kepala dinas yang dilelang, dengan mengutamakan kwalifikasi dan standar kompetensi kemampuan berbahasa Inggris.

\"Tidak semua jabatan yang dilelang dengan mengutamakan mampu berbahasa Inggris. Tapi ada beberapa saja diantaranya. Selain itu juga, peserta yang memiliki kemampuan dan melengkapi standar kelengkapan secara administrasi, juga diutamakan tidak gaptek. Artinya siap menjadi pejabat nantinya yang mampu mengendalikan informasi melalui teknologi canggih serta mampu memahami perkembangan teknologi sebagai penunjang kinerja organisasi perangkat daerah yang nantinya bakal dipimpin,\" pungkas Dalmuji.

Untuk diketahui 9 Jabatan eselon II lingkungan Pemkab Lebong, yang dibuka lelang adalah Jabatan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans), Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (Disperkan), Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP), Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan , Kasatpol PP, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Statistik dan Persandian (Kominfo Staper), serta Jabatan Asissten II Setkab Lebong.

\"Bagaimanapun, seleksi jabatan eselon II Pemkab Lebong ini, betul-betul dilakukan secara teliti dan transparan,\" pungkas Dalmuji.(777)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: