Operasi Bibir Sumbing Gratis Kerjasama RSUD Curup, FWRL dan YSTI

Operasi Bibir Sumbing Gratis Kerjasama RSUD Curup, FWRL dan YSTI

CURUP, BE - Untuk mensukseskan kegiatan sosial operasi bibir sumbing di Kabupaten Rejang Lebong. RSUD Curup menyatakan kesiapannya untuk menyiapkan sarana dan prasaranan kegiatan operasi bibir sumbing yang diselenggarakan Forum Wartawan Rejang Lebong (FWRL) dan Yayasan Smile Train Internasional (YSTI).

\"RSUD Curup siap membantu pelaksanaan operasi bibir sumbing mulai dari sarana dan prasarana hingga tenaga medisnya,\" ungkap Direktur RSUD Curup, drg Asep Setia Budiman saat bertemu dengan pekerja sosial dari yayasan Smile Train Internasional perwakilan Bengkulu, Iri Suparjan Jumat (10/3) kemarin.

Menurut Asep, persiapan yang dilakukan RSUD Curup untuk mensukseskan kegiatan yang dilaksanakan pada 1 April mendatang dan mendukung dukungan dari TP PKK Kabupaten Rejang Lebong tersebut seperti ruangan operasi, obat-obatan atau bahan habis pakai. Sedangkan untuk tim medis nanti, menurut Asep untuk membantu tim dokter bedah operasi plastik yang didatangkan dari Palembang yang akan melayani pemeriksaan kesehatan peserta operasi baik sebelum maupun sesudah operasi.

\"Yang akan kita siapkan merupakan dokter spesialis mulai dari spesialis penyakit dalam, dokter anak, anastesi, patologi klinik hingga radiologi,\" jelas Asep.

Bahkan menurut Asep petugas medis yang disipkan tersebut, bukan hanya melakukan pemeriksaan menjelang pelaksanaan operasi saja, melainkan mulai dari satu minggu sebelum pelaksanaan operasi. Hal tersebut penting, karena menurut Asep untuk melihat kondisi kesehatan para peserta apakah lauak untuk menjalani operasi atau tidaknya.

Sementara pekerja sosial dari yayasan Smile Train Internasional perwakilan Bengkulu, Iri Suparjan, mengungkapkan bahwa saat ini jumlah peserta yang telah mendaftar untuk mengikuti operasi bibir sumbing tersebut sebanyak 37 orang. Dari 37 orang yang akan menjalani operasi bibir sumbing gratis tersebut baik berasal dari Kabupaten Rejang Lebong maupun dari beberapa kabupaten tetangga Rejang Lebong.

\"Meskipun ada peserta dari kabupaten tetangga Rejang Lebong, namun sebagian besar masih berasal dari Rejang Lebong,\" terang Iri Suparjan.

Kabupaten tetangga yang dimaksudnya antaralain Kabupaten Lebong sebanyak empat orang dan tiga orang dari Kabupaten Empat Lawang Provinsi Sumatera Selatan.

Dalam pelaksanaan operasi bibir sumbing ini nanti, menurut Iri Suparjan panitia akan menghadirkan tim dokter spesialis bedah plastik. Dimana menurutnya tim doktes spesialis bedah plastik ini didatangkan yayasan Smile Train di Kota Palembang Sumatera Selatan, karena memang Bengkulu belum memiliki dokter spesialis bedah pelastik.(251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: