Air Sumur Tercemar Bakteri dan Kotoran

Air Sumur Tercemar Bakteri dan Kotoran

Kadinkes: Jangan Dulu Digunakan MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Junharto SKM mengimbau kepada masyarakat di daerah tersebut khususnya yang terkena banjir beberapa hari lalu untuk sementara  tidak menggunakan air sumur. Karena pihaknya mengkhawatirkan air sumur tercemar akibat luapan banjir.  “Kami imbau masyarakat untuk sementara jangan dulu menggunakan air sumur. Khususnya pemukiman penduduk yang terkena banjir,” ingatnya.

Menurutnya air sumur di duga tercampur dengan kotoran – kotoran sampah dan lainnya. Meskipun awalnya air sumur  aman, baik itu untuk mandi maupun di konsumsi meskipun  harus  proses dimasak. “ Pasca banjir  kita ingatkan jangan dulu  menggunakan air sumur. Tetapi gunakan sumber air lainnya yang di nilai cukup terjamin. Seperti menggunakan air galon  atau sumber air lainnya. Ini untuk menghindari berbagai penyakit seperti diare dan lainnya,” ujarnya.

Hingga kemarin (9/3), kata Junharto, belum ada laporan baik itu dari masyarakat maupun petugas  kesehatan yang tersebar di desa/kelurahan dan kecamatan terkait masyarakat yang terserang wabah penyakit. “Belum ada laporan pasca banjir khususnya untuk di bidang kesehatan,” katanya.

Kendati demikian, tambah Junharto, pihaknya telah menginstruksikan tenaga yang tersebar di Posyandu dan Puskesmas tetap stanby  untuk memberikan pelayanan  secara maksimal.  Bagi masyarakat yang merasa terserang penyakit agar segera mendatangi tempat  – tempat pelayanan kesehatan terdekat. Contohnya jikalau ada warga yang terserang  penyakit gatal – gatal dan lainnya. Jangan dianggap remeh, tetapi harus dikonsultasikan dan diobati oleh petugas kesehatan. “Kami harapkan masyarakat  jangan  meremehkan penyakit. Meskipun penyakit itu tidak begitu berbahaya. Tetapi harus dilakukan pemeriksaan oleh petugas kesehatan,” ungkapnya. (900)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: