Reses Dapil II Warga Usul Infrastruktur

Reses Dapil II Warga Usul Infrastruktur

\"BengkuluBINGIN KUNING,Bengkulu Ekspress - Delapan anggota DPRD Lebong yang berasal dari daerah pemilihan (dapil) II melaksanakan kegiatan reses, Rabu (8/3). Reses berlangsung di dua lokasi di Desa Pelabuhan Talang Leak dan di kantor Camat Lebong Sakti. Pembangunan infrastrutur mendominasi usulan masyarakat yang menghadiri reses tersebut.

Disampaikan salah satu warga desa Bukit Nibung, Sawaludin, dirinya mengharapkan agar dibangun irigasi untuk mengairi areal persawahan dan pembangunan akses jalan tembus dari Desa Bukit Nibung menuju Desa Danau Liang dan Bungin. Hal ini mengingat, ratusan hektar areal persawahan yang ada di desa, hingga saat ini masih sawah tadah hujan.

\"Sekitar 6 Km dari desa terdapat sumber air yang dapat dijadikan sumber air. Tinggal lagi membangun saluran irigasi ke sawah masyarakat. Selain itu, kita juga mengharapkan adanya pembangunan jalan tembus dari Bukit Nibung menuju Desa Danau Liang dan Bungin,\" paparnya di depan anggota Dewan kemarin.

Selain itu warga juga mengharapkan adanya pembangunan bronjong di sepanjang aliran air ketahun.

\'\'Ada sekitar 20 rumah warga yang nyaris terjun ke sungai akibat abrasi sungai yang terus terjadi,\" kata Kades Pelabuhan Talang Leak, Debi Putra Herlambang.

Menanggapi hal tersebut, Mahdi SSos meminta agar pemerintah desa dapat menuangkan usulan tersebut melalui proposal, serta dilengkapi dengan surat hibah dari pemilik tanah yang nantinya dilewati jalur rencana pembangunan irigasi dan jalan tersebut.

\"Jangan sampai seperti yang sudah-sudah. Ketika sudah dianggarkan, justru pemilik lahan tidak bersedia tanahnya dihibahkan untuk dilakukan pembangunan,\" singkatnya.

Usai menjaring seluruh aspirasi masyarakat, anggota dewan yang melakukan reses di Desa pelabuhan Talang Leak langsung melakukan inspeksi mendadak (sidak) atau turun ke lokasi Kepala Desa Pelabuhan Talang Leak mengusulkan adanya pembangunan bronjong disepanjang aliran sungai ketahun.

Dari hasil pengecekan tersebut, dewan dari dapil II tersebut bersedia membawa proposal desa tersebut ke Provinsi Bengkulu melalui perwakilan anggota dewan provinsi asal Kabupaten Lebong.

\"Jadi akan kita sampaikan ke Gubernur melalui DPRD Provinsi, kita harap tahun ini atau tahun depan bronjong ini bisa di anggarkan,\" kata Vivi.

Penjaringan aspirasi masyarakat ini, dilaksanakan di dua lokasi berbeda dalam waktu yang bersamaan. Masing-masing di Desa Pelabuhan Talang Leak Kecamatan Bingin Kuning yang dihadiri oleh empat anggota dewan yakni Wakil Ketua I, Mahdi SSos, Meta Liliana, Widuri Vivi Silviana dan Yessi Fitri Arty. Sedangkan lokasi kedua dilaksanakan di kantor Camat Lebong Sakti yang dihadiri Ketua Komisi III, A Bursani SSos, Apriantono SE, Ferdinan Markos dan M Efandri. (777)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: