Empat Strategi Menuju Visit Bengkulu 2020

Empat Strategi Menuju Visit Bengkulu 2020

\"wonderfulBENGKULU, Bengkulu Ekspress - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu telah menyiapkan empat strategi menuju Visit Bengkulu 2020.  Dimana empat stategi pendukung wisata itu ialah perbaikan infrastruktur, pembangunan dunia industri, penataan kawasan wisata dan membangun kultur masyarakat sadar wisata.

\"Empat langkah ini, tahapannya harus dilakukan mulai dari sekarang dan semua harus ikut terlibat,\" terang Wakil Gubernur (Wagub) Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah MMA kepada BE, kemarin (27/2).

Dijelaskannya, pembangunan infrasturkur menjadi hal penting untuk dilakukan. Baik berupa jalan, bandara, pelabuhan hingga fasilitas umum lainnya. Sebab pembangunan infrastruktur menjadi hal pokok untuk mendukung kenyamanan wisatawan hadir di Provinsi Bengkulu.

\"Infrasturkur ini sangat mendukung suksusnya wisata. Untuk itu, jalan kita harus bagus dulu, bandara harus nyaman, pelabuhan kita tanpa hambatan. Dengan begitu wisatawan akan nyaman berada di Bengkulu,\" ujar Rohidin.

Tak kalah pentingnya, selain infrastruktur pembangunan dunia industri harus dilakukan. Mulai dari industri perdagangan oleh-oleh kreatif, tempat penginapan, tempat belanja maupun tempat hiburan lainnya.

\"Dunia Industri harus dihidupkan. Pengelolanya tidak hanya pemerintah, namun semua pihak (perhotelan,agen wisata) yang terkait dengan pariwisata,\" ungkapnya.

Sementara penataan kawasan wisata menjadi hal pokok yang harus dilakukan. Jika tempat wisata Bengkulu masih semerawut maka orang akan tidak nyaman berada di Bengkulu. Penataan tempat wisata itu, mulai dari kawasan Pantai Panjang, Benteng Marlborough, maupun tempat wisata yang ada di kabupaten. Dengan demikian, keindahan Bengkulu akan terlihat nyata bagi pelancong wisatawa.

\"Termasuk membangun kultur masyarakat sadar wisata juga tidak boleh dilupakan. Sebab kultur masyarakat sangat berkaitan erat dengan nyamannya wisata berkunjung. Mulai dari keramahan, sopan santun dan upaya menerik lainnya,\" tambah Rohidin.

Dalam, visit Bengkulu 2020 semua harus ikut berperan. Baik organisasi perangkat daerah (OPD) yang bersangkutan, maupun pihak-pihak lainnya. Sebab dalam agenda  Visit Bengkulu 2020 itu akan diadakan 52 event. Mulai event olahraga, wisata, pemerintah hingga event seni budaya yang ada di Provinsi Bengkulu. Dengan demikian, Bengkulu akan lebih dikenal baik secara nasional maupun secara internasional sekalipun. \"Semua harus dipersiapkan mulai dari sekarang,\" imbuhnya.

Disisi lain, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, Yudi Satria akan menampung semua aspirasi penggiat pariwisata, dirinya akan segera menindak lanjuti semua yang menjadi prioritas menuju visit 2020 wonderful Bengkulu. Agar pariwisata di Bengkulu dapat maju dan bersaing dengan provinsi lain.

\"Memang kita akui masih banyak yang perlu dibenahi dan kita sudah mulai mengumpulkan semua pihak yang berkompetensi dibidang pariwisata ini,\" ujar Yudi.

Dinas Pariwisata akan terus melakukan pertemuan-pertemuan secara berkesinambungan kepada pihak terkiat muapun penggiat wisata.  Sehingga dapat membuahkan kesepakatan bersama dalam mengembangkan destinasi wisata di Provinsi Bengkulu.

\"Upaya ini terus kita lakuan. Dengan demikian kesinambungan dan sinerginitas pembangunan wisata akan tercapai,\" tutupnya. (151)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: