Mukomuko Dipasang EWS Tsunami

Mukomuko Dipasang  EWS Tsunami

\"Mukomuko\"MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tahun ini, direncanakan akan memasang dua alat Early Warning System (EWS) atau peringatan dini tsunami di Kabupaten Mukomuko.

“Tahun ini BNPB yang bekerjasama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB)  akan memasang alat EWS di Provinsi Bengkulu, termasuk Mukomuko,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mukomuko, Ramdani SE MSi dikonfirmasi Bengkulu Ekspress.

Terkait dua lokasi yang akan dipasang EWS tersebut, kata Ramdani,  pihak BNPB dan ITB terlebih dahulu akan melakukan survei lokasi. Tujuannya, agar alat yang akan di pasang itu  lokasinya tepat. Termasuk keamanannya tetap terjaga.

“Lokasinya memang belum ditentukan. Nanti akan ada pembahasan lebih lanjut bersama BNPB dan pihak terkait lainnya,”ujarnya. Kabupaten Mukomuko salah satu daerah yang di pilih untuk di pasang EWS, dikarenakan Mukomuko termasuk rawan bencana gempa dan tsunami. “Alat yang akan di pasang itu bukan untuk menakut – nakuti masyarakat. Tetapi salah satu  kesiap – siagaan, jikalau terjadi bencana gempa berpotensi tsunami akan cepat diketahui. Sehingga masyarakatpun dapat segera mungkin untuk mengungsi ke tempat yang lebih tinggi dan aman,” ungkapnya. (900)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: