Dua Desa Transmigrasi Dapat 80 Sapi

Dua Desa Transmigrasi Dapat 80 Sapi

TUBEI, BE - Tahun 2017 ini, dua Desa transmigrasi di Kabupaten Lebong akan mendapatkan bantuan berupa 80 ekor sapi. Masing-masing Desa Pelabai Kecamatan Pelabai dan Desa Tik Sirong Kecamatan Topos. Bantuan tersebut diberikan sebagai pengganti lahan pertanian warga transmigrasi yang sampai saat ini belum diberikan.

\"Kita sudah melakukan musyawarah dengan warga di dua desa transmigrasi tersebut. Hasilnya mereka setuju untuk pengganti lahan pertanian diganti dengan bantuan ternak sapi. Bantuan ini akan kita realisaiakan tahun ini yakni masing-masing diberikan 40 sapi,\" kata Plt Kepala Dinas Ketenagakerjaan danTransmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten lebong, Bambang Tegoeh SSos.

Lebih jauh diungkapkan Bambang, saat ini dua lokasi transmigrasi tersebut hanya diisi oleh 57 Kepala Keluarga (KK) yang berasal dari luar Kabupaten Lebong. Masing-masing 37 KK di Trans Plabai dari sebelumnya 50 KK dan 20 KK di trans Tik Sirong dari sebelumnya 50 KK. Sementara untuk warga trans lokal masih sama dengan jumlah  awal yaitu masing-masing 50 KK.

\"Kita masing mengupayakan agar bantuan yang diberikan dapat ditambah. Dengan mengajukan proposal ke Kementerian Desa Pengembangan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Usulan yang kita sampiakan yaitu 50 ekor sapi. Sejauh ini kita masih menunggu informasi dari pihak kementerian, apakah usulan tersebut disetuui atau tidak,\" ungkap Bambang.

Lebih jauh, mekanisme pemberian bantuan ini kemungkinan akan diberikan kepala kelompok yang ada dilokasi transmigrasi. Pihaknya masih akan mendata jumlah kelompok yang ada di daerah transmigrasi tersebut. \"Kita akan lihat dulu berapa jumlah kelompok yang ada di masing-masing daerah transmigrasi tersebut. Selanjutnya akan dilakukan validasi atas kelompok tersebut. Nah jika didalam satu lokasi ada 4 kelompok maka akan diberikan masing masing 5 ekor sapi untuk di kembangkan,\" demikian Bambang.(777)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: