Ayo Lestarikan Penyu!

Ayo Lestarikan Penyu!

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress - Dinas Perikanan Kabupaten Kaur mengajak masyarakat Kabupaten Kaur khususnya, untuk turut menjaga dan melestarikan penyu di daerah itu agar tidak punah.  Sebab saat ini habitat penyu di Kaur terus berkurang.

\"Sekarang ini habitat penyu di kawasan pesisir Kabupaten Kaur seperti di Kecamatan Nasal dan Maje mulai kurang, dan ini perlu kita jaga bersama,\"  kata Kepala Dinas Perikanan Kaur, Edwar Heppy SSos melalui Sekretaris Wanki Destriandi SE MM, kemarin (22/2).

Dikatakan Wanki, ia selalu mengajak masyarakat Kaur untuk ikut melestarikan keberadaan Penyu yang berada di perairan Kaur.  Sebab keberadaan penyu yang ada sekarang populasinya semakin berkurang dan bahkan sebagian sudah punah seperti penyu belimbing.

“Keindahan pantai dan keberadaan Penyu yang berkembang biak di sepanjang pantai Kaur. Masyarakat harus berperan aktif untuk ikut melindungi keberadaan hewan ini dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab,” ajaknya.

Ditambahkannya, pihaknya juga sudah beberapa kali melepas penyu di Pantai Muara Sekube Kecamatan Nasal. Penyu yang dilepas, merupakan hasil penangkaran yang dilakukan Dinas Perikanan bersama Kelompok Pelestari Penyu Pantai Sekube (KPPPS) di Desa Ulak Pandan untuk pelestarian penyu di Kaur. Namun jumlah penyu yang datang bertelur ke Kaur jumlahnya setiap tahun semakin menurun. Hal ini lantaran banyak perburuan dan pengambilan terlurnya.

“Kalau ada masyarakat yang menemukan telur penyu di pantai Kaur dapat melapor ke kita atau ke KPPPS. Kita akan beri insentif, agar telur yang ada tak dijual dan kalau diambil, penyu lama-lama habis,” jelasnya. (618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: