Pemkab dan TNKS Bahas Sungai Lisai

Pemkab dan TNKS Bahas Sungai Lisai

TUBEI, Bengkulu Ekspress - Pemkab Kabupaten Lebong berencana meningkatkan kualitas jalan menuju Desa Sungai Lisai Kecamatan Pinang Belapis. Desa tersebut satu-satunya Desa di Kabupaten Lebong yang berada di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Untuk merealisasikan rencana tersebut, Pemkab Lebong melibatkan dan menghadirkan manajemen TNKS.

\'\'Telah dilakukan pertemuan antara Pemkab Lebong dihadiri Bupati H. Rosjonsyah SIP MSi dengan tim Balai Besar TNKS yang diwakili oleh Kabid Teknis Rusman. Pertemuan sendiri berlangsung di kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Lebong, kemarin (21/2),\'\' kata Pelaksana tugas  Kepala Bappeda Lebong Drs Robert Rio Mantovani melalui Kabid Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Astrid Bungai Diwo SKom MM pada BE kemarin (21/2).

Robert menjelaskamn, dalam rangka mengambil izin peningkatan jalan ke Kementrian Kehutanan (kemenhut), tim balai besar TNKS datang ke Lebong melakukan survei langsung ke lapangan. Peningkatan jalan dilakukan mulai dari Desa Sebelat hingga Dusun Air Putih Desa Sungai Lisai yang panjangnya sekitar 15 Km.

\"Hasil survei yang dilakukan tim balai besar TNKS dijadikan sebagai telaah dan rekomendasi ke Kementerian Kehutanan,\" kata Astrid.

Sementara itu, Kabid Teknis Balai Besar TNKS Rusman yang ditemui wartawan mengungkapkan,  peningkatan jalan hanya dilakukan sebatas untuk akses penghubung antar desa (Desa Seblat-Desa Sungai Lisai). Dalam pembangunannya nanti lebar jalan hanya diperbolehkan 1,5 meter. Dengan kontruksi rabat beton atau yang identik dengan jalan PNPM.

\"Desa Sungai Lisai desa di zona khusus TNKS. Sebelum ada TNKS, desa tersebut sudah ada disana. Mengingat kondisi akses ke dalam (Desa Sungai Lisai, red) yang sulit, seperti dari segi kemanusiaan seperti ada warga yang sakit atau yang lainnya. Ini tadi kita rapat, kita bangun jalan hanya sebatas jalan penghubung desa saja. Lebar jalan juga dibatasi, mobil tidak bisa masuk, \" jelas Rusdi.(777)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: