Rekor MURI Pecah di Bengkulu Selatan

Rekor MURI Pecah di Bengkulu Selatan

Pembaca Diprediksi Lebih 100 Ribu Orang

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Bupati Bengkulu Selatan (BS), H Dirwan Mahmud SH mengatakan, hari ini (22/2) merupakan momen bersejarah bagi Kabupaten BS. Pasalnya merupakan momen pemecahan rekor MURI degan pembaca lebih dari 100 ribu orang.

Jumlah 100 ribu orang lebih itu harus dicapai supaya bisa menandingi Sidoarjo dengan 86 ribu pembaca. “Insya allah besok (hari ini red) momen bersejarah bagi Bengkulu Selatan yakni pemecahan rekor MURI membaca terbanyak,” harap Dirwan.

Mantan Ketua DPRD Bengkulu Selatan ini mengatakan, dari laporan yang diterimanya, saat ini jumlah peserta sudah di atas 100 ribu orang. Sehingga dirinya memperkirakan jumlah tersebut akan terus bertambah hingga hari ini. Sementara ituu, pelaksanaan pemecahan rekor MURI membaca terbanyak akan digelar mulai pukul 10.00 WIB dan diharapkan semua peserta sudah tiba di lokasi mulai pukul  09.00 WIB.

\"Membaca serentak dipekirakan dimulai pukul 10.00 WIB di jalan dua jalur Jalan Sudirman,” ujarnya.

Ditambahkan Dirwan, untuk hadiah atau reward bagi membaca yang beruntung, Pemda Bengkulu Selatan sudah menyiapkannya yakni 2 unit mobil, 7 sepeda motor, dan ratusan hadiah lainnya. Sehingga ditotalkan jumlah hadiahnya tidak kurang dari 180 unit. Dengan begitu, jika ditotalkan hadiah tersebut senilai Rp 700 juta. “Semua hadiah ini bukan dari APBD Bengkulu Selatan, namun sumbangan pribadi orang perorang,” imbuhnya.

Dijelaskan Dirwan, untuk mendapatkan hadiah tersebut, para peserta tidak dibebani biaya alias gratis. Namun peserta harus memiliki formulir atau kupon yang harus diisi identitas jelas. Sehingga bagi peserta yang namanya nanti disebutkan panitia, maka dirinyalah yang berhak mendapatkan hadiah tersebut. Oleh karena itu, dirinya berharap, seluruh warga BS bisa mengikutinya.

\"Dengan membaca 22 Februari ini, selain menambah ilmu, juga bisa membawa pulang hadiah utama mobil bagi yang beruntung,” kata Dirwan.

Dijelaskan Bupati, tamu undangan yang akan hadir pada acara membaca serentak yakni Gubernur Bengkulu, Wakil Gubernur Bengkulu, para Bupati/ Wali Kota Tetangga, juga ada kepala Kantor Perpustakaan Nasional dan dari Coca Colla Pondation. Tidak hanya itu, ada juga duta wisata Najwa Shihab. “Bahkan Bupati Kabupaten Krui Provinsi Lampung sudah menyatakan mau datang ke BS,” tambahnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (plt) Kepala Dinas Perpustakaan Bengkulu Selatan, Hj Sri Gusti Sabana SH mengaku, persiapan hampir 100 persen. Sedangkan formulir sudah dibagikan ke masing-masing kecamatan untuk dibagikan ke seluruh peserta membaca serentak. Tidak hanya itu, hadiah untuk pembaca beruntung juga sudah mulai dipajang di dekat panggung utama Jalan Sudirman depan Sekretariat DPRD Bengkulu Selatan.

“Persiapan sudah hampir selesai dan saya pastikan besok (hari ini red) sudah final dan tidak ada kendala lagi,” ujarnya.

Dijelaskan Sri Gusti, saat ini sudah disiapkan kendaraan di masing-masing kecamatan bagi yang kurang kendaraan pengangkut massa. Dari lebih 40 kendaraan yang disiapkan panitia, pihaknya sudah membagi 7 unit disiapkan untuk mengangkut warga dari Kecamatan Air Nipis,  6 unit di Kecamatan Ulu Manna, 3 unit di Kecamatan Pino, 7 Unit di Kecamatan Pino Raya, 6 Unit di Kedurang, 4 Unit di Kedurang Ilir, 4 Unit di Seginim, 4 Unit di Bunga Mas dan 3 unit di Mnana.

\"Malam ini (tadi malam red) mobil sudah standby di lokasi dan Rabu pagi sekitar mulai pukul 06.00 WIB sudah mulai mengangkut massa ke Jalan Sudirman,” terang Sri Gusti. (369)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: