Bengkulu RUN 10 K dan FUN RUN 5 K Diprediksi Capai 25 Ribu Peserta

Bengkulu RUN 10 K dan FUN RUN 5 K Diprediksi Capai 25 Ribu Peserta

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Menjelang pelaksanaan event olahraga terbesar RUN 10 K skala nasional rupanya telah ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Jumlah peserta kegiatan yang dilakukan dalam rangka HUT Kota Bengkulu ke-298 dan HUT Harian Bengkulu Ekspress ke-12 serta BETV ke-3 diprediksi mencapai 25 ribu orang karena melibatkan seluruh pelajar se-Kota Bengkulu, TNI/Polri, ASN maupun maupun atlet nasional.

Hal ini dibahas dalam rapat persiapan RUN 10 K yang dipimpin oleh Asisten I Ir Fachriza Razie bersama Dinas Pemuda Olahraga, Bengkulu Ekspress dan Pengda PASI Provinsi Bengkulu, di ruang rapat Gunung Bungkuk Setda kota, kemarin (9/2).

“Jadi nanti seluruh siswa-siswi, mahasiswa, ASN dan masyarakat umum se-Kota Bengkulu bisa ikut mengelorakan semangat lari paling tidak bisa mengikuti di kategori lari 5 kilo,” kata Deputi GM Bengkulu Ekspress, Suherdi Marabillie.

Selain itu, pihaknya juga telah berupaya untuk merekrut peserta-peserta dari luar daerah terutama pada komunitas-komunitas atletik lari, yang nantinya bisa mendaftar melalui website khusus www.bengkulurun.com dan event olahraga lari ini pun sudah masuk dalam daftar kalender event nasional, bahkan tak sedikit calon peserta dari luar sudah menghubungi pihak panitia untuk mendaftarkan diri dalam kategori profesional.

“Jadi memang sudah masuk dalam kalender event nasional mereka bahwa ada event lari di Kota Bengkulu pada tanggal 26 Maret 2017. Itu yang menjadi salah satu upaya kita bagaimana merekrut peserta dari luar,” terang Suherdi.

Suherdi menyakini bahwa pagelaran event ini mampu membawa nama baik Kota Bengkulu dan bisa menjadi ajang promosi wisata kepada wisatawan nasional yang akan menjadi peserta dalam lomba tersebut.

Sementara itu, Pengurus Daerah Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (Pengda PASI) Provinsi Bengkulu, Aswandi SPd menyampaikan, dalam mendukung suksesnya kegiatan tersebut pihaknya telah mempersiapkan sebanyak 117 wasit/juri profesional yang diturunkan pada saat pelaksanaan.

Menurutnya kegiatan ini merupakan langkah/moment yang sangat baik untuk menaikkan nama Kota Bengkulu baik secara nasional maupun Internasional. Dan kegiatan RUN 10 K berpeluang untuk dijadikan agenda tahunan, karena juga menjadi salah satu sarana pembinaan olahraga atletik secara nasional untuk menguji kemampuan atlet-atlet tanah air, sekaligus bisa menjaring atlet pemula baru yang pada umumnya berasal dari pelajar.

“ Jadi kalau tidak ada lomba, maka para pelatih/guru malas untuk latihan karena tidak pernah diuji. Dan sejauh ini meski belum dimulai antusias pecinta olahraga sudah mau mendaftar, artinya luar biasa minat masyarakat terhadap atletik ini,” ungkap Aswandi.

Disamping itu, pihaknya nanti akan mengundang dari PB PASI pusat yang akan terlibat dalam pelaksanaan RUN 10 K di Kota Bengkulu ini. Dan pihaknya akan berupaya agar olahraga ini bisa dicatat di kalender nasional tahunan PB PASI sehingga setiap bulan Maret secara nasional sudah tahu bahwa di Kota Bengkulu ada kegiatan atletik lari 10 kilo.

\"Bengkulu“ Kalau ini sudah terjadwal nanti mudah-mudahan Kota Bengkulu jadi pusat untuk berdatangan orang se-Provinsi Bengkulu dan nasional hanya untuk mengikuti atletik lari 10 Kilo ini,” tandas Aswandi.

Dikatakan, Sekretaris Daerah Kota Bengkulu, Marjon MPd melalui Asisten II setda Kota Bengkulu Ir Fahcriza Razie, pihaknya akan mengkoordinasikan kepada Dinas Pariwisata dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Bengkulu untuk mempersiapkan kondisi lapangan yang akan dilalui oleh peserta, seperti kebersihan jalan, dan objek-objek wisata agar para peserta bisa nyaman untuk menuju garis finish tanpa terganggu oleh pemandangan yang kotor.

“Nanti semua lokasi-lokasi lintasan yang dilewati pelari itu harus bersih, dan dipastikan tidak ada sampah yang menumpuk dimana-mana. Sehingga tidak menimbulkan citra yang buruk bagi masyarakat. Dan kita juga meminta seluruh stakeholder termasuk pihak kepolisian untuk mendukung keamanan dan ketertiban kegiatan ini” tutur Fachriza. (805)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: