Mengunjungi Air Terjun Kokoi di Desa Taba Tembilang Bengkulu Utara

Mengunjungi Air Terjun Kokoi di Desa Taba Tembilang Bengkulu Utara

Masih Alami, Hanya Satu Jam dari Arga Makmur

Kabupaten Bengkulu Utara memang terkenal dengan pesona keindahan alamnya terutama air terjun. Berbagai tempat wisata air terjun ada disini diantaranya yang terkenal adalah air terjun Curug Sembilan dan air Terjun Kemumu. Namun kebanyakan orang belum tahu bahwa masih terdapat banyak lokasi air terjun lagi yang tak kalah indahnya. Salah satunya adalah lokasi wisata air terjun Kokoi yang terletak di Area Perkebunan Plasma Sawit milik PT Sandabi Indah Lestari (SIL) Desa Taba Tembilang Arga Makmur Bengkulu Utara.

Rewa Yoke Desthomson, Bengkulu Utara

Pesona keindahan Air Terjun Kokoi yang terletak di area perkebunan plasma sawit milik PT Sandabi Indah Lestari (SIL) Desa Taba Tembilang Arga Makmur Bengkulu Utara Bengkulu ini sangat menakjubkan.

Air terjun Kokoi ini baru pertama kali ditemukan di awal tahun 2015 lalu dan mulai dipublikasikan ke masyarakat luas hingga diketahui masyarakat hingga kini. Namun hingga kini ternyata masih banyak yang belum mengetahui lokasi air terjun ini.

Bila ditempuh dari Arga Makmur ke lokasi wisata ini membutuhkan waktu sekitar 1 jam dan disarankan menggunakan kendaraan roda dua seperti motor, karena infrastruktur jalan yang ada belum memadai. \"Jarak tempuh hampir lebih dari 1 jam menggunakan sepeda motor,\" ujar Safii (30), kemarin.

Air Terjun Kokoi ini memiliki keunikan tersendiri salah satunya adalah air yang mengalir masih jernih dan alami serta belum tercemar oleh limbah rumah tangga ataupun aktivitas pabrik dan masih terjaga keasriannya.

\"Suasananya rindang karena banyak pepohonan, kemudian kehidupan biota air tawarnya masih sangat alami,\" kata Safii.

Keunikan berikutnya adalah air terjun ini berbentuk tumpukkan batu yang mengendap dan terbentuk sejak ratusan tahun lalu yang dan dengan airan air yang cukup deras. \"Airnya segar sekali dan pemandangannya sangat indah untuk tempat berfoto,\" imbuhnya.

Hal serupa diakui Murni (34), pengunjung yang jauh-jauh datang dari Kota Bengkulu. Ia mengakui keindahan air terjun Kokoi ini. Semua lelahnya saat datang kesini terbayar sudah oleh keindahan yang ditawarkan air terjun Kokoi. \"Capek setelah melalui medan jalan yang berat akhirnya terbayar dengan keindahan air terjun ini,\" ujarnya.

Diakuinya, air terjun Kokoi ini bisa menjadi destinasi wisata favorit di Bengkulu Utara menyaingi air terjuan lainnya yang sudah menjadi tempat wisata. \"Keindahannya tak kalah dengan air terjun lain yang ada di Bengkulu Utara,\" sambungnya.

Untuk menjadikan air terjun Kokoi sebagai destinasi wisata maka langkah pertama adalah menyiapkan kemudahan akses bagi para pengunjung dengan menyediakan jalan akses yang mudah untuk pengunjung. \"Harus dibangun fasilitas jalan yang memadai agar pengunjung tidak kesulitan menjangkau tempat ini dengan sepeda motor ataupun mobil,\" saran Murni.

Selain akses jalan, di sekitar lokasi air terjun ini juga harus dibuat fasilitas pendukung lainnya untuk kemudahan para pengunjung. \"Harus disediakan fasilitas pondok untuk tempat santai, kantin, dan ruang untuk berganti pakaian yang basah saat main air terjun,\" imbuhnya.

Di sekitar lokasi air terjun memang terlihat beberapa stand sederhana yang dibuat untuk berjualan namun belum memadai dan belum cukup untuk menjadikan lokasi ini menjadi destinasi favorit. Masih banyak perbaikan yang harus dilakukan. \"Perlu dibangun fasilitas pintu masuk tiket area wisata, stand berjualan permanen, tempat parkir memadai, serta fasilitas toilet yang memadai,\" pungkasnya.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: