Kembangkan Kurikulum Teknik Sepeda Motor

Kembangkan Kurikulum  Teknik Sepeda Motor

SMKN 2 Kerjasama dengan AHM KEPAHIANG, BE- Prestasi gemilang dituai Kepala Sekolah (Kepsek) SMK Negeri 2 Kepahiang Sigit Aryanto SPd MPd diawal masa kepemimpinanya langsung menggandeng PT Astra Motor Honda (AHM) Internasional dalam pengembangan Kurikulum Teknik Sepeda Motor (TSM).

SMKN melakukan memorandum of understanding (Mou) Kamis (26/1), untuk peningkatan kurikulum teknik sepeda motor honda di sekolah yang berada di Desa Wiskust Kecamatan Kepahiang tersebut.

Sigit mengatakan dengan adanya Mou bersama PT AHM diharapkan bermakna bagi masyarakat Kabupaten Kepahiang khususnya dibidang pendidikan. \"Dengan Mou Kurikulum Sepeda Motor Honda, SMKN 2 memiliki bengkel teknik sepeda motor honda,\" ujar Sigit.

Menurutnya kerjasama dengan industri besar seperti Honda sudah direncanakan saat masih menjadi guru di SMKN 2 Kepahiang. Namun impian tersebut baru dapat diselenggarakan di 2017 setelah proposal permohonaan kerjasama pengembangan Kurikulum TSM yang diajukan pihaknya disetujui oleh managemen PT AHM Internasional Regional Provinsi Bengkulu.

\"Dari dulu saya sudah memiliki ide seperti ini, alhamdulillah setelah saya diberikan kepercayaan pimpin SMKN 2 baru sekarang bisa diwujudkan,\" ungkap suksesor Helmi Johan MPd kemarin.

Sigit pun mengucapkan terima kasih kepada Hemi Johan yang sekarang menjabat pengawas SMK Dinas Kependidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Kepahiang. Pembangunan dan pengembangan di SMKN 2 Kepahiang masih sangat dibutuhkan.

\"Mou dengan AHM baru satu bidang, kita memiliki 5 bidang lainnya yang kita rencanakan akan sepert ini juga dengan menggandeng perusahaan industri besar,\" ucapnya.

Menurutnya dengan adanya kerjasam PT AHM tentunya membuka kesempatan kerja bagi lulusan SMKN nantinya tanpa perlu melakukan tes. Mengingat managemen perusahaan sepeda motor besar ditanah air tersebut dapat langsung memantau kemampuan dan perkembangan siswa-siswa SMKN 2 Kepahiang terutama jurusan tekni sepeda motor.

Pemprov Apresiasi Honda

Sementara itu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu melalui Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu mengapresiasi langkah bagus PT AHM Internasioal Regional Bengkulu yang melakukan kerjasama dengan SMKN di Provinsi Bengkulu.

\"Ini yang daerah yang ketujuh, sebab seprovinsi sudah 7 sekolah yang menjadi binaan PT AHM. Tinggal tiga daerah yang belum kita harapan bisa menjangkau seluruh daerah,\" ucap

Kepala Bidang Pembinaan SMK Dikbud Provinsi Almuzi yang menghadiri peresmian Mou SMKN 2 Kepahiang dengan PT AHM kemarin.

Menurut Pemprov terkhusus Dikbud sangat mengapresiasi langkah PT AHM Internasional wilayah Provinsi Bengkulu yang memiliki program gandeng SMK untuk menciptakan gerasi didik yang trampil.

Sementara Kepala Divisi Teknik PT AHM Regiona Bengkulu Suwanto mengatakan honda merajai pangsa pasar penjualan sepeda motor di Provinsi Bengkulu memiliki kepedulian sangat tinggi kepada masyarakat. Melalui salah satu program CSR Perusahaan ialah melakukan kerjasama dengan sekolah-sekolah agar dapat menjadi sekolah binaan.

Dikatakan Suwanto bila penjualan sepeda motor honda di Provinsi Bengkulu mencapai 63,5 persen, dalam artian diantara 100 masyarakat membeli sepeda motor, sebanyak 63 orang memiliki motor honda. Acara yang berlangsung diaula SMKN 2 Kepahiang ini dihadiri jajaran FKDP Kepahiang, Dinas Pendidikan Kebudayaan serta perwakilan Kapolres hingga Kepala Sekolah (Kepsek) SMK,SMA dan SMP se-Kabupaten Kepahiang.

Selain penandatanganan dengan PT AHM, pihak SMKN 2 Kepahiang juga meresmikan bengkel sepeda motor milik sekolah dengan ditandai pemotongan pita oleh Sekda Kepahiang Zamzami Zubir SE MM. (320)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: