Lomba Marathon 10 KM Tingkat Nasional

Lomba Marathon 10 KM  Tingkat Nasional

\"Bengkulu\"Sambut HUT Kota Bengkulu dan Bengkulu Ekspress

BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) Kota Bengkulu dan HUT Bengkulu Ekspress (BE) pada Maret mendatang. Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bengkulu bekerjasama dengan Bengkulu Ekspress akan mengadakan lomba lari marathon sejauh 10 Kilometer (Km) pada Maret mendatang.

\"Kemungkinan lomba maraton tersebut akan kita adakan pada minggu ke 2 Maret mendatang. Sekarang kita masih tahap mempersiapkan segala sesuatu kebutuhannya,\" ungkap Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bengkulu Herman SSos kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (25/1).

Dijelaskannya, lomba marathon tersebut akan terbagi menjadi 3 kelas, yaitu kelas nasional, kelas umum, dan kelas pelajar. Untuk kelas nasional akan diikuti oleh atlet lari maraton dari berbagai Provinsi di Indonesia.

Herman menyebutkan, untuk kelas nasional dan umum jarak tempuhnya adalah 10 Km, sementara untuk pelajar 5 Km. \"Untuk mendatangkan atlet nasional itu kita sudah menjalin kerjasama dengan Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI). Sudah banyak yang tertarik untuk ikut, mulai dari Provinsi Irian Jaya, Sumatera Utara, dan berbagai daerah lain sudah banyak yang menelepon,\" bebernya.

Herman menambahkan, total hadiah yang diperebutkan dalam event lomba lari maraton tersebut sebanyak Rp 300 juta. Untuk kelas nasioanal, juara 1 mendapatkan hadiah Rp 23 juta, juara 2 Rp 20 juta, dan juara 3 17,5 juta.

Sementara untuk kelas umum juara 1 mendapatkan uang Rp 8 juta, juara 2 7 juta, dan juara 3 6 juta. Untuk kelas pelajar juara 1 mendapatkan hadiah Rp 4, juara 2 Rp 3, dan juara 3 2 juta. \"Selain hadiah uang pembinaan kepada para juara. Kita juga punya doorprize yang dipersembahkan oleh Bengkulu Ekspress,\" tukasnya.

Herman menambahkan, untuk kelas nasional dan umum rutenya dimulai dari Sport Center, arah depam Bencoleen Mall, Penurunan, Anggut Atas, Simpang Lima, Jalan Suprapto, Masjid Jamik, Tengah Padang, Pantai Panjang, dan kembali lagi ke Sport Center. Sementara rute untuk pelajar adalah dari Sport Center, depan Bencolen Mall, Penurunan, Anggut Atas, Simpang Lima, Anggut, Hotel Grage Horizon, dan kembali ke Sport Center.

Selain itu, untuk pendaftaran peserta umum dan pelajar tidak dikenakan biaya alias gratis. Namun, pengumuman pendaftarannya akan diumumkan melalui harian Bengkulu Ekspress (BE) yang akan dimulai pada pertengahan Februari mendatang. \"Untuk teknis pendaftarannya masih akan kita bahas bersama. Yang jelas informasi lebih lanjut bisa didapatkan pada harian Bengkulu Ekspress,\" tuturnya.

Selain dalam rangka memperingati hari ulang tahun Kota Bengkulu dan ulang tahun Bengkulu Ekspress, lomba lari maraton tersebut juga sebagai upaya Dispora Kota Bengkulu dalam rangka pembinaan atlet dan pencarian bibit atlet lari maraton.

Selain itu, lomba lari maraton yang diikuti oleh atlet nasional tersebut juga sebagai upaya untuk mempromosikan pariwisata di Kota Bengkulu.

Sebab, rute lari marathon tersebut nantinya akan banyak melewati objek wisata di Kota Bengkulu.

\"Harapan kita nantinya ini bisa jadi kegiatan ikon Kota Bengkulu. Seperti tour de singkarak di Sumatera Barat. Selain untuk kepentingan olahraga juga bisa menjadi kepentingan pariwisata,\" pungkasnya.(cw1)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: