Peringati Hari Bakti Perbendaharaan, Bakti Sosial hingga Perbendaharaan Menyapa

Peringati Hari Bakti Perbendaharaan, Bakti Sosial hingga Perbendaharaan Menyapa

\"BENGKULU\"BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Dalam rangka memperingati Hari Bakti Perbendaharaan Nasional yang jatuh pada 14 Januari lalu, Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bengkulu mengadakan beragam kegiatan untuk meningkatkan kebersamaan dan kreatifitas pegawainya.

\"Ada banyak rangkaian kegiatan yang kita lakukan, intinya kita ingin memperkokoh posisi Direktorat Jenderal Perbendaharan sebagai institusi yang menjalankan fungsi perbendaharaan dalam kebijakan fiskal dan pengelolaan keuangan negara,\" ungkap Kepala Sub Bagian Umum Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bengkulu, Joko Prayitno kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (22/1).

Dijelaskannya, rangkaian kegiatan peringatan Hari Bakti Perbendaharaan telah dimulai sejak 13 Januari lalu dan memiliki 6 jenis kegiatan.

Diantaranya, Perbendaharaan Peduli dengan kegiatan kerja bakti, donor darah, test narkoba dan santunan sosial (dhuafa/panti jompo dan panti asuhan), refleksi (tasyakuran dan lokakarya) dengan kegiatan lokakarya melalui pemutaran video, diskusi, kunjungan melihat sarana dan prasana layanan.

Selain itu, Perbendaharaan Sehat dengan kegiatan senam, jalan santai, pembagian brosur capaian prestasi DJPB. Selanjutnya, Perbendaharaan Religi dengan kegiatan, salat zuhur dan ashar berjamaah dan pengajian, Perbendaharaan Berbagi dengan kegiatan, santunan kepada PPNPN serta Perbendaharaan Menyapa dengan kegiatan edukasi dan capaian prestasi kinerja ke Perguruan Tinggi dan Lembaga Masyarakat.

\"Kegiatan Perbendaharaan Sehat sudah kita lakukan pada 20 Januari lalu. Kalau kegiatan Perbendaharaan Religi kita mulai dari 13 Januari sampai 31 Januari. Sementara kegiatan puncaknya yaitu Perbendaharaan Menyapa kita adakan tanggal 30 Januari mendatang,\" terang Joko.

Selain itu, Joko menjelaskan, yang menjadi tema pada Hari Bakti Perbendaharaan Tahun 2017 adalah Meningkatkan Peran Direktorat Jenderal Perbendaharaan Sebagai Katalisator Modern dan Reformasi Birokrasi.

Joko menyebutkan, Ditjen perbendaharaan juga telah banyak mendapat berbagai prestasi, diantaranya, dalam survei kepuasan pelanggan oleh Institut Pertanian Bogor (IPB), Ditjen Perbendaharaan sebagai unit eselon I yang memiliki instansi vertikal di lingkungan Kementerian Keuangan memperoleh indeks kepuasan pengguna layanan tertinggi di tahun 2010, 2011, 2012, dan 2014. Sedangkan pada tahun 2015 dan 2016, Ditjen Perbendaharaan meraih peringkat pertama di lingkungan Kementerian Keuangan dengan indeks tertinggi dalam survei kepuasan pengguna layanan Kementerian Keuangan oleh Universitas Gajah Mada (UGM), dengan indeks sebesar 4,32 pada 2015, dan 4,40 pada 2016.

\"Kalau 2016 lalu Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Barat ditetapkan sebagai Kantor Wilayah Terbaik Pertama di Lingkungan Kementerian Keuangan. Untuk itu, kita juga akan melakukan pembenahan agar tahun ini bisa menjadi yang terbaik,\" tukasnya.

Disebutkannya, komitmen Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinis Bengkulu adalah memberi layanan tanpa biaya dengan standar tinggi, cepat, transparan dan akuntabel.

Selain itu, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinis Bengkulu juga melakukan kegiatan kajian fiskal regional, yaitu kajian yang diarahkan pada analisi fiskal dan makro ekonomi yang dpaat digunakan dalam pencapaian tujuan kebijakan fiskal. Analisis fiskal diharapkan dapat memfasilitasi pencapaian tujuan-tujuan makroekonomi dalam mendukung pencapaian fungsi dan sebagai alat analisis dan evaluasi untuk mengetahui sejauh mana kebijakan fiskal pemerintah telah sesuai dengan tujuan makro ekonomi yang telah ditetapkan.(cw1).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: