Penerimaan Pajak Tumbuh 21,02 %

Penerimaan Pajak Tumbuh 21,02 %

CURUP, Bengkulu Ekspress - Kesadaran masyarakat Rejang Lebong, Lebong dan Kepahiang untuk membayar pajak pada tahun 2016 kemarin mengalami peningkatan. Hal tersebut terlihat dari jumlah penerimaan pajak yang dihimpun KPP Pratama Curup yang mengalami pertumbuhan sebesar 21,02 persen.

\"Memang dibandingkan dengan tahun 2015 lalu, penghimpunan pajak yang kita lakukan pada tahun 2016 kemarin mengalami pertumbuhan hingga 21,02 persen,\" ungkap Kepala KPP Pratama Curup, Barlianto SH MM.

Dimana menurut Barlianto, pada tahun 2015 lalu, penerimaan pajak yang dihimpun KPP Pratam Curup sebesar Rp 159,74 miliar. Kemudian mengalami peningkatan pada tahn 2016 kemarin menjadi Rp 193,50 miliar.

Diungkapkan Barlianto, meningkatnya kesadaran wajib pajak dapat terlihat dari penambahan jumlah wajib pajak yang mendaftarkan diri untuk memperoleh Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) di KPP Pratama Curup. Dimana pada tahn 2016 kemarin penambahan wajib paja di KPP Pratam Curup sebanyak 4.015 wajib pajak.

Atas meningkatkan penerimaan pajak yang dihimpun KPP Pratama Curup tersebut, Barlianto menyampaikan terima kasihnya kepada seluruh wajib pajak yang ada diwilayah kerja KPP Pratam Curup yang meliputi Kabupaten Rejang Lebong, Lebong dan Kepahiang.

\"saya ucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para wajib pajak yang telah berpartisipasi membayar pajak pada tahun 2016 lalu,\" ungkap Barlianto.

Barlianto juga berharap kesadaran wajib pajak untuk membayar pajaknya juga kembali meningkat pada tahun 2017 ini, sehingga penerimaan pajak yang dilakukan KPP Pratama Curup kembali mengalami peningkatan.

Diungkapkan Barlianto, pentingnya masyarakat membayar pajak, karena memang dana yang dihimpun dari pajak tersebut akan kembali lagi ke masyarakat dalam bentuk pembangunan, terlebih lagi menurut Barlianto 85 persen dana yang digunakan pemerintah untuk melakukan pembangunan di tahun 2017 ini bersumber dari pajak.

\"Semakin banyak yang sadar untuk membayar pajak, maka pembangunan yang akan dilakukan pemerintah akan semakin banyak, karena dana pembangunan yang dilakukan bersumber dari pajak,\" terang Barlianto.

Disisi lain, Barlianto juga menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Rejang Lebong, Kabupaten Kepahiang dan Kabupaten Lebong. Karena menurut Barlianto dengan kesadaran wajib pajak dan kerja sama yang baik dengan jajaran Pemerintah Daerah maka penerimaan pajak dari KPP Pratama Curup terus menunjukkan tren yang meningkat.

\"Kita juga menyampaikan penghargaan yang setingi-tingginya kepada tiga pemerintah daerah yang berada diwilayah kerja kita, karena dengan adanya kerja sama yang baik tersebut maka penerimaan pajak yang dilakukan KPP Pratama Curup terus meningkat,\" jelasnya.

Disisi lain, terkait dengan Program Amnesti Pajak, Barlianto hingga ditutupnya priode ke-2 pada 31 Desember kemarin terdapat 276 wajib pajak yang telah mengikutinya dengan jumlah tebusan sebesar Rp 5,96 M sedangkan jumlah hutang pajak yang dilunasi terkait Amnesti Pajak sebesar Rp 1,17 M, sehingga dari Amnesti Pajak sendiri terkumpul Rp 7,13 Miliar.

Secara khusus, Barlianto mengapresiasi langkah Bupati Rejang Lebong, DR (HC) H A Hijazi, SH, MSi dan Wakil Bupati H Iqbal Bastari, SPd MM yang telah mengikuti Program Amnesti Pajak. Barlianto, berharap langkah kedua pemimpin tersebut akan diikuti oleh seluruh jajaran Pemda Rejang Lebong.

\"Mudah-mudahan langkah kedua Beliau ini, akan diikuti oleh pemimpin daerah yang lain. Selain itu, kita juga berharap program amnesti pajak ini juga bisa diikuti oleh jajaran SKPD baik di Rejang Lebong, Kepahiang maupun di Lebong,\" akhir Barlianto.(251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: