Saber Pungli Bisa OTT

Saber Pungli Bisa OTT

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress - Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih (Saber) Pungutan Liar (Pungli) Kabupaten Kepahiang diberikan kewenangan untuk melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT). Sehingga seluruh praktekĀ  Pungli di jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang, Polres hingga TNI dapat disikat habis oleh Tim Satgas Saber Pungli yang dikomandoi Waka Polres Kepahiang Kompol Rudy S SH.

Dalam sambutannya usai mengkukuhkan Satgas Saber Pungli diaula Setda Kamis (19/1) Hidayatullah mengingatkan lima bidang yang menjadi fokus pengawasan Satgas Saber Pungli yaitu sektor perizinan, pendidikan, pemberian dana hibah, pengadaan barang dan jasa serta sektor layanan publik. \"Satgas Saber Pungli diberikan kemudahan dalam menjalankan tugas, jangan ragu-ragu untuk menindak. Nanti Satgas Saber Pungli juga diberikan kewenangan untuk memberikan rekomendasi untuk menentukan penindakan yang tetap diberikan bagi pelaku pungli nantinya,\" ungkap bupati.

Lebih lanjut Bupati mengingat agar masyarakat dapat memberikan laporan kepada Satgas Seber Pungli bila menemukan prakter Pungli saat berurasan denga aparat pemerintahan dan TNI/Polres. Namun Bupati mengingatkan agar tidak menjadi fitnah maka laporan yang diberikan harus jelas dengan menyebutkan secara rincin nama dan alamat pelapor.

\"Jangan hanya fitnah nanti bisa dijerat UU ITE, maka saya membuat laporan harus mencantumkan anam dan alamat serta tempat terjadinya pungli harus disebutkan,\" tegas Bupati.

Sementara Ketua Satgas Saber Pungli Kabupaten Kepahiang Kompol Rudy menegaskan bila pihaknya akan melindungi secara penuh identitas pelapor. Sehingga masyarakat yang mendapati adanya pratek pungli dijajaran Pemkab Kepahiang harap langsung memberikan informasi. \"Tentunya identitas pelapor akan kita lindungan sebagiamana yang diamanatkan undang-undang,\" ujar Rudy.

Pun demikian Rudy menegaskan saat ini masih fokus dalam persiapan sekretariat atau kantor, sehingga anggagran Rp 300 juta yang dihibahkan Pemkab ditahun 2017 akan digunakan untuk penataan kantor.

\"Kalau anggaran yang sudah ada itu tidak bisa digunakan untuk lainnya, semuanya sudah terpatu tidak bisa untuk lainnya lagi,\" singkat Rudy.

Disisi, lain Plt Inspektur Daerah (Ipda) Kepahiang Harun SE Ak MSi selaku sekretaris Satgas Saber Pungli mengatakan pihak masih akan menyusun perencanaan dengan anggaran yang sediakan oleh Pemkab. \"Semua keputusan diketua, mungkin nanti perencanaan penganggaran kesaya. Namun untuk keputusan itu keketua,\" ucap Harun.

Satgas Saber Pungli sendiri gabungan dari Pemkab Kepahiang, Inspektorat Daerah (Ipda), Polres dan Kejaksaan. Diantaranya Kasi Intelejen Kejari Kepahiang Zainal Efendi SHS MH, Kasat Reskrim Polres Kepahiang IPTU M Indra Prameswara tanpa ada unsur TNI didalamnya. (320)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: