UNIB Buka 4 Prodi Baru

UNIB Buka 4 Prodi Baru

BENGKULU, BE - Memasuki tahun ajaran baru 2017/2018, Universitas Negeri Bengkulu (UNIB) kembali menambah 4 program studi (prodi) baru. Prodi baru itu dari tiga fakultas, yaitu dua dari Fakultas Teknik, satu dari Fakultas Pertanian serta satu dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA).

Adapun ke empat program studi baru yang dibuka oleh Unib yaitu S1 Sistem Informasi dan S1 Arsitektur dari Fakultas Teknik, untuk dua fakultas lagi yaitu Pertanian dan MIPA masing-masing S1 Proteksi Tanaman dan S1 Statistik.

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) UNIB Alimansyah kepada Bengkulu Ekspress kemarin (19/1) menuturkan,

\"Ya untuk tahun ini, kita kembali menambah program studi baru.\"

Disampaikannya, pembukaan program studi baru ini bukanlah serta merta atau secara tiba-tiba. Sebelumnya UNIB telah melakukan berbagai macam kegiatan, seperti survei, observasi, maupun bertanya dengan orang yang berkompeten dalam empat program studi baru ersebut, apakah memang dibutuhkan atau tidak.

\"Hasilnya program studi itu memang dibutuhkan, baik dari masyarakat Bengkulu maupun masyarakat Indonesia secara keseluruhan,\" ujarnya.

Dengan berbagai masukan, serta pertimbangan yang didapatkan itu, akhirnya UNIB mendaftarkan empat program studi itu ke Kementrian Riset Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) untuk izin pendirian dan oprasionalnya.

\"Setelah menunggu, akhirnya kementerian mengesahkan atau meng-SK-kan empat prodi tersebut dibuka di UNIB,\" sampainya.

Dalam pembukaan perdana ini, UNIB melihat peminat para calon mahasiswa. Biasanya dibuka paling sedikit satu kelas dan terbanyak dua kelas saja. Sebagai contoh Prodi Informatika kemungkinan peminatnya banyak sehingga dibuat dua kelas.

\"Namun kepastiannyasetelah diketahui kuota masing-masing jurusan,\" imbuhnya.Dengan dibukanya empat program studi yang baru tersebut, maka UNIB yang sebelumnya memiliki 37 program studi S1, maka untuk tahun ajaran 2017/2018 menjadi 41 prodi.(614)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: