Perawat Gigi Siap Hadapi MEA

Perawat Gigi Siap Hadapi MEA

BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Sekolah Menengah Kejuruan Swasta (SMKS) 18 Al Yasir Kota Bengkulu telah mengantongi sertifikat Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dari Badan Nasional Sertifikasi (BNSP) dan telah terakreditasi B. Dengan sertifikasi ini, lulusan perawat gigi dari SMKS 18 Al Yasir siap berkompetisi dengan perawat lulusan sekolah lainnyamenghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Kepala Sekolah SMKS 18 Al Yasir Kota Bengkulu Novi Dwi Lestari SSi menyatakan bersyukur.

\'\'Dengan kerja keras semua pihak, akhirnya salah satu jurusan yang ada di SMKS 18 Al Yasir bisa terakreditasi B dan juga mendapatkan sertifikat dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah atau Madrasah (BAN-S/M). Keduanya sangat berguna bagi para siswanya untuk menghadapi MEA,\'\' kata Novi kepada Bengkulu Ekspress kemarin (18/1).

SMKS 18 Al Yasir dibuka pada 2013 dan meluluskan siswa jurusan perawat gigi pertama kali pada tahun 2016. Sekolah ini salah satu sekolah kesehatan yang terus berbuat menjadi yang terbaik. Terbukti baru berjalan 3 tahun, pada akhir 2016 telah mendapatkan akreditasi B dari BAN-S/M.

Novi menambahkan, jurusan perawat gigi mungkin di kalangan masyarakat jarang didengar. Padalah untuk peluang dari perawat gigi sangat bagus, karena seperti di Provinsi Bengkulu aja misalnya, dokter gigi sudah banyak membuka prakteknya. Akan tetapi untuk asistennya masih mengambil dari kalangan SMA atau SMA atau juga dari perawat umum yang belum berkompeten dibidang gigi.

\"Dengan adanya jurusan perawat gigi, saya kira nanti mereka lebih baik mengambil asisten dari yang telah berkompeten dibidangnya, apalagi telah mendapatkan sertifikat,\" ujarnya. Sementara Penasehat Sekolah SMKS 18 Al Yasir Nerry Andriyani SSi Apt mengatakan, dengan telah mendapatkan sertifikat dari BNSP dan juga telah terakreditasi B, saat ini siswa lulusan perawat gigi SMKS 18 Al Yasir sudah bisa diterima di praktek dokter gigi.

\"Alhamdulillah alumni kita sudah terserap di tempat praktek dokter gigi,\" jelasnya.

Salah seorang siswa SMKS 18 Al Yasir Eddelwies Chantika Putri menuturkan, dirinya tidak menyesal sekolah di SMKS 18 Al Yasir mengambil jurusan perawat gigi. Karena bila telah lulus dari sekolah mendapatkan sertifikat, yang bisa membebaskan mereka untuk bekerja dimana saja.

\"Jadi dengan saya mendapatkan sertifikat itu, jadi saya tidak takut kerja di mana saja dan saya siap menghadapi MEA,\" sampainya. (614)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: