Bantuan Kapal dan Asuransi Nelayan Diserahkan

Bantuan Kapal dan Asuransi Nelayan Diserahkan

SAM, BE - Bupati Seluma H Bundra Jaya SH MH pagi kemarin (18/1), menyerahkan bantuan kapal, serta asuransi untuk nelayan. Bantuan ini usulan Pemkab Seluma melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) ke Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) 2016.

“Untuk tahap pertama ini bantuan kapal sebanyak 24 unit diserahkan kepada lima kelompok koperasi nelayan. Kemudian sisanya pada Februari nanti diserahkan lagi,” tutur bupati dalam sambutannya

Bantuan yang diserahkan KKP sebanyak 50 unit kapal berkapasitas 3 GT. Namun baru tiba di Kabupaten Seluma sebanyak 24 unit. Sisanya masih dalam proses pembuatan.Koperasi yang mendapatkan bantuan kapal nelayan itu, yakni Koperasi Betutu Cuming sebanyak 4 unit, Koperasi Rukun Pesisir sebanyak 5 unit, Koperasi Mekar Sari sebanyak 7 unit, Koperasi Agro Bahari sebanyak 4 unit serta Koperasi Taruna Bahari sebanyak 4 unit.

“Saya berharap bantuan ini bisa dimanfaatkan oleh nelayan dan terpenting bisa dijaga serta merawatnya,” harap Bupati.

Pada kesempatan itu, bupati juga menyerahkan bantuan asuransi untuk nelayan. Asuransi itu bekerja sama dengan asuransi Jasindo. Asuransi nelayan ini diserahkan kepada 726 orang nelayan di Kabupaten Seluma. Penyerahannya juga dipusatkan di Muara Maras.

Santunan yang diterima nelayan dari asura si itu, bila meninggal saat melaut mendapatkan Rp 200 juta. Kemudian meninggal dunia diluar aktivitas menangkap ikan sebesar Rp 160 juta. Serta biaya pengobatan bila sakit akibat menangkap ikan sebesar Rp 20 juta.

Premi asuransi ini tidak dibebankan kepada nelayan. Karena pembayarannya sudah ditanggung oleh kementrian sebesar Rp 175 ribu setiap bulannya untuk setiap satu orang nelayan.(333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: