Tunggu Kesiapan TNI

Tunggu Kesiapan TNI

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – Rencana program cetak sawah baru seluas 1.500 hektar yang berlokasi di wilayah Kabupaten Mukomuko, akan dilakukan  tahun 2017 ini. Pemda Mukomuko tinggal menunggu kesiapan dari jajaran TNI.

“Untuk sosialisasi sudah dilakukan TNI bersama pihak – pihak terkait. Termasuk jajarannya ikut dalam sosialisasi tersebut. Saat ini menunggu jadwal di mulainya kegiatan tersebut  yang memberikan hal sangat positif bagi masyarakat,” kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Eddy Aprianto SP MSi dikonfirmasi Bengkulu Ekspress, kemarin (16/1).

Informasi yang ia peroleh, kegiatan tersebut akan dimulai dalam waktu dekat. Kemungkinan TNI saat ini tengah mempersiapkan personil. Karena  dalam menjalankan kegiatan cetak sawah tersebut perlu persiapan yang cukup matang.   Ribuan hektar cetak sawah baru itu tersebar di sejumlah desa. Yakni, di Desa Sumber Makmur SP 8  seluas 8.887,76, Lubuk Gedang 96,6, Tanjung Alai 78,74, Suka Pindah 74,72 , Arah Tiga 82, 26 dan Desa Pondok Panjang seluas 47,16 hektar masuk wilayah Kecamatan Lubuk Pinang.  Kecamatan Air Manjunto di Desa Tirta Makmur 118,67, Tirta Mulya 22,52, Agung Jaya 54,91 dan Desa Kota Praja seluas 76,66 hektar.

“Luasan lahan itu yang akan dilakukan cetak sawah baru berdasarkan hasil survai investigasi desain (SID) yang dilakukan oleh tim dari pusat, provinsi dan kabupaten. Untuk anggarannya sekitar Rp 16 juta/hektar,” bebernya.

Eddy menambahkan, jika  cetak sawah selesai dilakukan. Pemilik lahan persawahan itu nantinya  akan mendapatkan bantuan bibit padi yang akan disesuaikan dengan kebutuhan. (900)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: