Dewan Dukung Anggaran Tapal Batas

Dewan Dukung Anggaran Tapal Batas

TAIS, BE-Wacana yang dilontarkan Sekkab Seluma Drs H Mulkan Tajudin MM soal pemberian alokasi anggaran khusus untuk biaya melawan gugatan sengketa batas dengan Pemkab Bengkulu Selatan (BS), akhirnya direspon positif oleh anggota dewan. Wakil Ketua I DPRD, Jonaidi Syahri BBA SSos mengatakan, walau sampai kini Pemkab belum membentuk timnya, tapi dewan memastikan akan menyetujui usulan anggaran tersebut.

“Kita harus memperjuangkan daerah kita sebagai bentuk penghormatan terhadap para pihak yang telah berjasa dalam pemekaran kabupaten ini. Kalau ada usulan anggaran itu, kita akan mendukungnya,” kata Jonaidi Syahri.

Menurutnya, sebenarnya sudah sejak lama dirinya sebagai wakil rakyat mewacanakan pembuatan gapura perbatasan di Desa Serian Bandung Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM). Hal itu, sebagai upaya membangun opini yang dapat memberikan informasi kuat bahwa batas wilayah Seluma-BS tersebut ada di Serian Bandung. Namun, sayangnya wacana tersabut, katanya selama ini tak pernah direspon baik oleh Pemkab Seluma. “Tapi kita tidak perlu saling sesali, yang penting sekarang ini kita bersama-sama mempertahankan batas wilayah,” ujarnya.

Kedepan, lanjut Ketua DPD II Partai Golkar Seluma itu, Pemkab Seluma diminta untuk lebih proaktif dalam menyikapi masalah-masalah yang dinilai penting dan sensitif seperti sengketa batas tersbeut. Dirinya meminta, ketika melakukan perlawatan terhadap gugatan Undang-Undang nomor 23 tahun 2003 soal pemekaran kabupaten itu ke MK nantinya, Pemkab mesti benar-benar melibatkan anggota DPRD. Selain itu juga melibatkan pihak terkait lainnya, seperti tokoh masyarakat, mantan presidium pemekaran  dan pihak terkait lainnya.

“Seluruh pihak haruslah ikut dilibatkan. Jika perlu Pemda meminta pernyataan tertulis dari masyarakat yang isinya tidak ingin wilayah Seluma diambil Bengkulu Selatan,” terangnya. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: