Gali Potensi PAD, Distamben Cek Pertambangan

Gali Potensi PAD, Distamben Cek Pertambangan

TUBEI, BE - Guna memaksimalkan potensi pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pertambangan di Kabupaten Lebong, Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Lebong bakal melakukan pengecekan terhadap aktivitas pertambangan yang ada di daerah tersebut. Selain mencari potensi PAD, pengecekan ini juga sebagai upaya pengawasan terhadap aktifitas pertambangan di Kabupaten Lebong.

Plt Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Lebong, Zamhari SH MH mengungkapkan, saat ini terdapat sejumlah aktivitas pertambangan yang ada di Kabupaten Lebong mulai dari pertambangan skala besar maupun pertambangan yang dijalankan oleh masyarakat.

Tentu saja, aktivitas ini harus dipantau sehingga dapat memberikan manfaat bagi Lebong. \"Tidak menutup kemungkinan nanti kita akan langsung memantau ke lokasi mereka beraktivitas,\" kata Zamhari.

Selain itu, dia mengharapkan aktivitas pertambangan ini tidak menganggu keseimbangan lingkungan termasuk juga kenyamanan masyarakat. \"Akan ada beberapa pihak terkait yang juga akan kita libatkan dalam kegiatan ini nantinya. Seperti BLHKP yang akan mengecek dampak lingkungan yang ditimbulkan dari aktivitas pertambangan ini,\" lanjutnya.

Zamhari juga mengimbau kepada seluruh pengusaha pertambangan yang ada di Kabupaten Lebong agar patuh terhadap aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, termasuk juga izin yang telah diberikan. Pasalnya, jika nantinya didapati adanya pertambangan yang dilakukan tidak sesuai dengan izin yang diberikan, bahkan tanpa izin, maka pihaknya akan menindak tegas pengusaha tersebut sesuai dengan aturan yang berlaku.

\"Kita berharap semua pengusaha pertambangan benar-benar mematuhi aturan yang ada serta patuh terhadap izin yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah. Tentu saja, jika mereka melanggar dari apa yang sudah ditetapkan, akan ada sanksi yang juga sesuai dengan aturan yang berlaku,\" pungkas Zamhari.(777)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: