BLHKP Kekurangan Armada Sampah

BLHKP Kekurangan Armada Sampah

CURUP, BE  - Keluhan masyarakat terhadap kebersihan dan pengangkutan sampah belum dapat dijawab oleh Badan Lingkungan Hidup dan Kebersihan Perkotaan (BLHKP) Rejang Lebong. Kepala BLHKP, Anom Chan SSos mengatakan, kini pihaknya menghadapi kendala kekurangan peralatan kebersihan dan armada pengangkut sampah untuk dapat memberikan layanan yang maksimal.

Menurutnya, sarana yang dibutuhkan tersebut diantaranya, bak sampah, tong sampah, alat kebersihan dan mobil pengangkut sampah itu sendiri. Dikatakannya, alat kebersihan dan armada meruapakan faktor penting yang sangat menentukan maksimal atau tidaknya penanganan sampah. Sementara dari waktu ke waktu, volume sampah mengalami peningkatan.

\"Tahun 2013 ini, kita sangat membutuhkan penambahan alat perlengkapan penanganan sampah di beberapa titik lokasi. Karena sebagian besar sarana yang ada kondisinya sudah tidak layak pakai lagi,” katanya.

Lebih lanjut Anom mengatakan, dalam rangka menyambut Adipura 2012-2013, pihaknya juga sangat membutuhkan penambahan Armada kendaraan pengangkut sampah. Supaya pengangkutan menjadi lebih maksimal di beberapa. \"Saat ini, kondisi mobil pengangkut sampah juga perlu diperhatikan bersama. Agar dapat mengkofer pengangkutan sampah di beberapa wilayah kecamatan di luar Curup, seperti kecamatan di wilayah Lembak dan Bermani Ulu dan Bermani Ulu Raya,\" ujarnya.

Menurut Anom, jika kebutuhan pihaknya nantinya terpenuhi, upaya penanganan sampah dijamin maksimal. Dampaknya, tak hanya berperan besar bagi raihan Adipura, tapi juga memberikan manfaat besar bagi kesehatan masyarakat. Sebab disadari, semakin bersih kondisi lingkungan, maka meningkatkan tingkat kesehatan masyarakat akan otomatis meningkat. \"Adipura bukan tujuan kita, namun prilaku hidup bersih dan sehat yang kita harapkan tumbuh di masyarakat,\" imbuhnya. (999)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: