Wabup Evaluasi Penyerapan ADD

Wabup Evaluasi Penyerapan ADD

CURUP, Bengkulu Ekspress - Menyikapi masih banyaknya desa yang belum melakukan realisasi Anggaran Dana Desa (ADD) di Kabupaten Rejang Lebong, Wakil Bupati Rejang Lebong, H Iqbal Bastari SPd MM mengaku akan melakukan evaluasi terkait dengan realisasi ADD di Kabupaten Rejang Lebong.

\"Kita akan lihat dulu realisasinya hingga akhir tahun ini, bila memang banyak yang tidak direalisasikan tentuya akan kita evaluasi,\" ungkap Wabup.

Perlunya evaluasi, karena menurutĀ  Wabup, anggaran dana desa yang bersumber dari APBD Kabupaten Rejang Lebong tersebut berdasarkan usulan dari masing-masing desa yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.

\"Seharusnya dana ADD kan bisa diserap 100 persen dan dimanfaatkan untuk program yang ada didesa,\" paparnya.

Lebih lanjut Wabup menjelaskan, bila memang nanti anggaran dana desa tersebut tidak direalisasikan. Maka tentunya akan dikembalikan ke kas daerah, namun ia berharap dengan sisa waktu yang ada realisasi dana desa di Kabupaten Rejang Lebong bisa terealisasi 100 persen.

\"Dengan sisa waktu yang ada, saya harap bagi desa yang belum merealisasikan dana desa untuk segera merealisasikannya,\" terang Wabup.

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Rejang Lebong menyatakan menjelang berakhirnya tahun 2016 ini, banyak desa di Kabupaten Rejang Lebong yang belum merealisasikan anggaran dana desa yang bersumber dari APBD Kabupaten Rejang Lebong.

Diduga penyerapan anggaran dana desa di Kabupaten Rejang Lebong masih rendah, lantaran pihak pemerintahan desa lebih disibukkan dengan mengurus realisasi dana desa yang bersumber dari pemerintah pusat. Pihak desa lebih mengutamakan penggunaan dana desa karena memang dana yang digulirkan dari pemerintah pusat jauh lebih besar dibandingkan dengan anggaran dana desa.(251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: