Pembangunan Benteng Prioritaskan Desa Terisolir

Pembangunan Benteng Prioritaskan Desa Terisolir

BENTENG, BE - DPRD Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) mendesak Pemkab memprioritaskan pembangunan infrastruktur di desa terisolasi, pada tahun 2013 inu. Mulai dari pembangunan jalan serta jembatan, termasuk membuka jalan baru antar desa, jalan usaha tani serta jalan industri. Agar pembangunan dapat dirasakan hingga ke masyarakat desa di pelosok.

\"Selain untuk memperlancar ekonomi, sosial dan politik warga, pembangunan jalan dan jembatan tersebut juga untuk membuka keterisolasian warga desa. Sebab pembangunan infrastruktur belum maksimal ditahun 2012 yang lalu,\" ujar anggota Komisi II DPRD Benteng, Tahirman Mukti.

Dikatakan Tahirman, sudah saatnya warga Benteng menikmati fasilitas pembangunan yang layak, terutama yang berkaitan dengan infrastruktur. Sebab jalan dan jembatan yang layak dilalui akan mendorong percepatan pembangunan dan kemajuan masyarakat. \"Jika jalan dan jembatan bagus, maka arus mobilisasi bisa lancar dan cepat. Selain itu biaya produksi kegiatan ekonomi masyarakat juga semakin murah,\" ungkapnya.

Dia menambahkan,  masih banyak desa yang tersebar di 10 kecamatan sulit dijangkau. Akibat sarana  lantaran kondisi jalan dan jembatan yang susah dilalui, hanya bisa diatasi dengan membuat jalan dan jembatan baru.

\"Jarak antar desa tidak terlalu jauh, hanya saja jalan yang bisa dilalui kendaraan hanya satu. Alhasil untuk berkunjung ke desa lain warga harus memutar arah yang jaraknya semakin jauh,\" tambahnya.

Salah satu contohnya, Desa Renah Lebar dengan Ulak Lebar. Jaraknya kedua desa ini tidak terlalu jauh. Bahkan jalan setapak bisa ditempuh hanya beberapa menit saja. Namun lantaran tidak bisa dilalui kendaraan warga Ulak Lebar yang ingin ke Renah Lebar harus menuju ke Lubuk Sini dan Karang Tinggi. Selanjutnya baru memasuki Dusun Renah Lebar dan sebaliknya.

\"Begitu juga dengan warga Kota Niur, Kecamatan Taba Penanjung yang ingin ke pusat kecamatan mesti memutar arah dan melalui kecamatan Talang Empat. Kemudian kecamatan Karang Tinggi baru sampai ke Taba Penanjung,\" ujarnya.

Untuk itu, Dewan mendorong Pemkab supaya memprioritaskan pembangunan jalan antar desa dan jalan usaha tani. Langkah ini, solusi penunjang untuk meningkatkan produksi pertanian dan perkebunan warga.  \"Kalau jalan antar desa bagus,tidak sulit bagi warga meningkatkan hasil produksi mereka termasuk memasarkannya,\" tandasnya.(111)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: