Bangun TPI Berstandar Nasional

Bangun TPI Berstandar Nasional

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress –  Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) di Desa Pasar Bantal, Kecamatan Teramang Jaya, Kabupaten Mukomuko akan dibangun sebagai Tempat Pelelangan Ikan (TPI) berstandar nasional. Ini akan berdampak  positif untuk peningkatan perekonomian nelayan di  daerah tersebut.

“Kami sangat mendukung rencana dari Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Bengkulu meningkatkan PPI menjadi TPI berstandar nasional,” ujar Plt Kepala DKP Kabupaten Mukomuko, Saudagar Chaniago melalui Kepala Bidang Perikanan Tangkap, Rahmad Hidayat dikonfirmasi BE, kemarin (23/12).

Anggaran untuk pembangunan TPI di Pasar Bantal itu  sekitar Rp 20 miliar  dan pembangunannya dikerjakan secara bertahap. Tahun 2017 mendatang untuk tahap pembangunan awal di plotkan anggaran sekitar Rp 3 miliar. Kekurangan anggaran untuk dibangun fisik lainnya dilanjutkan pada tahun – tahun berikutnya.

“Ini program dari Pemprov. Kita sangat mendukung rencana itu, meskipun dibangun secara bertahap. Karena  untuk pembangunan itu memang membutuhkan anggaran yang besar,” ujarnya. Selain itu, Pemprov Bengkulu juga akan  membangun pelapis tebing  di muara yang menjadi tempat pendaratan kapal nelayan. Pembangunan itu untuk mengatasi pendangkalan muara yang menjadi tempat pendaratan kapal nelayan.

“Harapannya rencana pembangunan itu benar - benar mulai terealisasi tahun depan baik itu bangunan fisik hingga kegiatan pengerukan untuk mengatasi pendangkalan muara,” lanjut Rahmad. (900)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: