Dinkes: Bangun 3 Puskesmas

Dinkes: Bangun 3 Puskesmas

DI tahun 2017,   Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kepahiang memprogramkan pembangunan 3 unit Puskesmas. Yaitu di kawasan Kabawetan, Durian Depun Kecamatan Merigi serta Puskesmas Talang Babat Kecamatan Seberang Musi. Hal itu sebagai salah satu upaya peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Plt Kadis Kesehatan Kepahiang, Sudarno SKM MKes menegaskan, pembangunan tiga Puskesmas tersebut  akan menghabiskan anggaran Rp 2 miliar dalam satu unitnya.

\"Itu baru perkiraan, sebab anggaran nantinya tergantung dengan masing-masing kebutuhan. Tim perencanaan yang akan menghitung kebutuhan danan nantinya perkiraan kita satu unit Puskesmas Rp 2 miliar,\" ungkap Sudarno.

Namun menurut Sudarno, bisa saja nantinya ada unit Puskesmas pembangunan tidak sampai dua miliar. Karena memang disesuaikan dengan kebutuhan serta luasan bangunan Puskesmas di masing-masing daerah tersebut. \"Nanti yang akan dibangun ada Puskesmas Durian Depun, Kabawetan dan Talang Babat, itu sudah pasti dianggarkan,\" sebutnya.

Dikatakannya, pembangunan Puskesmas baru nantinya akan diimbangi dengan penempatan tenaga medis. Sehingga pelayanan kepada masyarakat benar-benar dapat telaksana dengan baik sesuai  dengan harapan.

\"Ya untuk satu unitnya diperkirakan mencapai Rp 2 miliar, namun tidak keseluruhan bisa saja unit lainnya tidak sampai bahkan bisa lebih. Semua tergantung dengan kebutuhan yang disusun oleh tim perencanaan,\" tegas Sudarno.

Selain itu Sudarno juga mengimbau,  kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kepahiang agar dapat aktif serta proaktif dalam pemeriksaan kesehatan. Dengan berbagai fasilitas yang disiapkan pemerintah baik itu di Puskesmas Pembantu (Postu), Puskesmas hingga di RSUD akan mempermudakan masyarakat mendapatkan pelayanan medis.

\"Puskesmas kita sudah terakreditasi, sehingga pelayanan terjamin,\" tuturnya. (320)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: