122 Honorer Distamber Dirumahkan

122 Honorer Distamber Dirumahkan

BENGKULU, BE - Sebanyak 377 tenaga honorer atau tenaga kontrak di Dinas Pertamanan dan Kebersihan (Distamber) Kota Bengkulu hari ini akan diseleksi ulang untuk menjadi pegawai tidak tetap (PTT) pada 2017 mendatang. Seleksi tersebut dilakukan menyusul keputusan Pemerintah Kota Bengkulu mengurangi jumlah tenaga kontrak di lingkungan Pemkot.

Kepala Distamber Kota Bengkulu, Syarnubi SE mengatakan, dari 377 orang tenaga kontrak tersebut hanya akan diambil sebanyak 255 orang saja atau ada 122 honorer yang akan dirumahkan. Tenaga kontrak tersebut terbagi menjadi petugas sopir, petugas kebersihan, dan petugas taman.

\"Isnya Allah besok kita akan adakan tes tertulis untuk seluruh tenaga kontrak di Distamber. Tes tersebut kita lakukan di kantor Distamber,\" ungkapnya kepada BE, kemarin (22/12). Syarnubi menjelaskan, tes tertulis tersebut bukan merupakan penilaian utama dalam menerima tenaga kontrak. Penilaian utama dalam penerimaan tenaga kontrak tersebut adalah hasil evaluasi kinerja masing-masing tenaga kontrak selama ini.

\"Kami sudah melakukan penilaian selama satu tahun terakhir. Jadi hasil penilaian kinerja itulah nantinya yang akan lebih menentukan siapa saja yang berhak untuk diterima kembali. Karena yang diseleksi ini semuanya adalah tenaga kontrak lama, tidak ada yang baru,\" terangnya.

Dijadikannya hasil evaluasi kinerja menjadi penilaian utama karena Distamber Kota Bengkulu menginginkan yang terpilih menjadi tenaga kontrak baru tersebut merupakan tenaga kontrak yang memiliki kinerja profesional.

\"Untuk apa kita angkat orang yang bisa menulis, bisa menjawab soal tapi kinerjanya selama ini tidak bagus. Kita itu menginginkan tenaga kontrak yang bisa bekerja,\" tegasnya. Syanurbi mengatakan, dalam ujian tertulis tersebut tidak ada soal yang susah, karena soal-soal yang akan diberikan kepada tenaga kerja kontrak adalah soal-soal seputar bidang kerjanya masing-masing. Misalnya, petugas kebersihan soalnya adalah mengenai cara membersihkan, merawat, dan menjaga lingkungan.

\"Kalau untuk tes tertulis, tukang sapu apa yang mau dites? Paling soalnya yang mudah-mudah saja,\" bebernya.

Syanurbi mengimbau kepada seluruh tenaga kontrak di Distamber Kota Bengkulu yang kontraknya akan berakhir 31 Desember ini untuk tetap bekerja seperti biasanya tanpa mementingkan kontrak tersebut akan berakhir. Sebab, masih ada beberapa hari lagi menjelang tanggal 31 Desember.

\"Jangan melihat kontrak saya mau habis jadi tidak mau bekerja baik lagi, atau kontraknya tidak akan diperpanjang lagi. Saya ingatkan kebersihan itu adalah untuk kita semua jadi saya mengharapkan semuanya tetap bekerja sampai kontrak berakhir pada 31 Desember,\" paparnya. Dijelaskannya, ujian tertulis tersebut dibagi menjadi 2 tahap, yaitu tahap pertama pukul 09.00 pagi dan tahap dua pada pukul 13.30 WIB. Peserta diharapkan membawa alat tulis sendiri.(cw1)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: