Ratusan Kernas Nunggak Pajak

Ratusan Kernas Nunggak Pajak

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress - Sebanyak 553 kendaraan dinas (kernas), baik roda 4 maupun roda 2 di Kabupaten Kepahiang nunggak bayar pajak. Sehingga total tunggakan pajak mencapai Rp 223.563.500. Kendaraan-kendaraan tersebut mulai dari kernas di Kantor Bupati Kepahiang hingga kernasĀ  operasional Kepala Desa (Kades).

Kepala Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kepahiang, Heppy Yunizar didamping Kasi Penagihan, Suparno Sos mengungkapkan, awalnya data dari Samsat Provinsi Bengkulu bila jumlah kernasĀ  di jajaran Pemda Kabupaten Kepahiang yang menunggak pajak hingga akhir tahun 2016 mencapai 913 Unit Kendaraan.

\"Namun data yang kita dapat dari Dinas Pengelolaan, Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kepahiang jumlahnya mencapai 941 unit Kendaraan,\" tutur Heppy.

Kemudian pihaknya Samsat Kepahiang juga melakukan penelusuran aset hingga kedesa-desa untuk mendapatkan kepastian pembayaran pajak dari masing-masing pemegang kendaraan dinas. Hasilnya sangat mengejutkan, karena petugas Samsat hanya menemukan kernas sebanyak 425 unit.

\"Kemudian setelah dilakukan penagihan oleh petugas kita, 186 unit kendaraan langsung membayar pajaknya. Tersisa 239 unit yang belum membayar,\" ungkapnya.

Heppy mengakui, bila berbagai kendala dialami petugas Samsat ketika turun ke lapangan menelusuri keberadaan kendaraan dinas baik mobil maupun sepeda motor. Sebab petugas banyak tidak menemukan kendaraan-kendaraan yang disebutkan dalam data DPPKAD.

\"Kata orang DPPKAD ini data yang mereka dapat,\" sebutnya.

Ia mencontohkan, di Kantor Camat Ujan Mas, berdasarkan data DPPKAD yang dalam nomentklatur baru berubah menjadi Badan Keuangan Daerah (BKD) tersebut ada kernas 17 Unit. Tetapi pengecekan petugas di lapangan hanya menemukan 1 unit BD 62 G.

\"Yang ada hanya kendaraan dinas camat, ketika kita konfirmasi katanya sejak bertugas di sana (Kantor Camat) hanya ada satu kendaraan dinas,\" kata Heppy sembari mengakui bila pengecekan dilaksanakan timnya sekitar satu bulan lalu.

Menurutnya, sejauh ini total tunggal pajak Kernas di Kabupaten Kepahiang mencapai Rp 223.563.500 untuk 553 unit kendaraan. \"Jumlah itu bisa berubah-ubah terus, karena kita masih terus melakukan pendataan,\" tutup Heppy. (320)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: