Harga Tandan Buah Segar Lebih Rendah dari Pabrik

Harga Tandan Buah Segar Lebih  Rendah dari Pabrik

\"tandan-buah-segar-sawit-kabupaten-mukomuko\"MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui tim penetapan harga jual tandan buah segar (TBS) kelapa sawit ditingkat pabrik di daerah itu sebesar Rp 1.540/kg. Harga penetapan itu lebih rendah jika dibandingkan dengan sejumlah pabrik yang tetap bertahan membeli TBS petani mencapai Rp 1.720/kg.

“ Ya, penetapan harga oleh tim memang lebih rendah dari harga yang saat ini dibeli pabrik di daerah ini,” demikian Kepala Bidang Perkebunan Kabupaten Mukomuko, Wahyu Hidayat dikonfirmasi kemarin (15/12).

Ia menyebutkan harga beli tbs sejumlah pabrik di Kabupaten Mukomuko saat ini yang paling rendah sebesar Rp 1.570/kg , PT SSJA dan paling tinggi di PT BMK sebesar Rp 1.720/kg. Untuk harga TBS di pabrik PT SAP Rp 1.720, AMK Rp1.695. PT MMIL, KSM, S3, KAS, DDP Lubuk Bento dan DDP Ipuh masing – masing Rp 1.680/kg.

Ia berharap, tim perumus harga komiditi perkebunan pemerintah provinsi menetapkan harga sawit lebih tinggi dari harga sejumlah pabrik. Sehingga dapat menjadi pedoman bagi pabrik untuk mengikuti harga tersebut. Serta memberikan hal yang positif bagi petani sawit.

“Pabrik – pabrik membeli tbs milik petani tetap bertahan tinggi. Salah satu faktor dikarenakan buah sawit milik petani trek. Dan yang di jualpun sangat terbatas. Sehingga sejumlah pabrik di daerah ini bersaing. Harapan kita harga tbs tetap bertahan tinggi dan produksi petanipun lebih meningkat. Sehingga para petani di daerah ini kesejahteraannya semakin meningkat,” harapnya. (900)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: