Satu Warga Positif HIV

Satu Warga Positif HIV

BENTENG, Bengkulu Ekspress - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) menumukan satu orang warga Benteng yang terkena penyakit human immunodeficiency virus/acquired immune deficiency syndrome (HIV/AIDS). Hanya saja Dinkes enggan membeberkan identitas warga tersebut dengan alasan privasi seseorang yang tidak perlu diekspose.

Kabid P2PL Dinkes Kabupaten Benteng, Burhanudin SKM menuturkan, dari hasil pendataan yang telah dilakukan sejak beberapa bulan lalu hingga sekarang, pihaknya hanya menemukan satu kasus penyakit HIV AIDS.

\"Sejauh ini baru satu kasus HIV AIDS yang ada di Kabupaten Benteng. Yang jelas, Kabupaten Benteng termasuk daerah yang paling sedikit terkena penyakit berbahaya tersebut,\" ungkap Burhanudin.

Burhanudin mengatakan, pihaknya telah memberikan penanganan cepat dengan cara langsung melarikan yang bersangkutan ke RSKJKota Bengkulu guna mendapat rehabilitasi.

\"Karena di Kabupaten Benteng tidak ada tempat menampungnya, warga yang terkena HIV AIDS terpaksa dibawa ke RSJKO untuk rehabilitasi,\" ujarnya.

Dijelaskan Burhanudin, untuk mengantisipasi penyebarluasan penyakit berbahaya ini, pihaknya terus melakukan penyuluhan melalu petugas medis di seluruh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) guna mengimbau agar warga bisa menghindari penyakit HIV AIDS. Salah satunya adalah dengan cara tidak melakukan seks bebas yang menjadi faktor utama terjangkitnya penyakit HIV AIDS.

\"Pengaruh lingkungan memang harus diwaspadai. Sebab itulah, kami telah menginstruksikan kepada seluruh etugas medis agar pro aktif dalam memberikan penyuluhan ke warga setempat,\" demikian Burhanudin.(135)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: