Perfilman Bengkulu Kembali Dihidupkan

Perfilman Bengkulu Kembali Dihidupkan

 \"camera_shootng\"

BENGKULU, BE - Rafflesia Motions kembali menggelar lomba film pendek generasi muda Bengkulu dalam upaya promosi Provinsi Bengkulu serta mewadahi kreatifitas generasi muda yang hobi perfilman.

Kegiatan tersebut mulai berlangsung Selasa (6/12) dengan agenda penyeleksian dan penilaian terhadap 17 film pendek yang mendaftar diajang Apresiasi Film Pendek Bengkulu 2016 di Ruang Marlborough Hotel Santika Bengkulu.

\"Kita gelar ajang ini agar para seniman dari perfilman bisa terus lahir dan bertumbuhan di Bengkulu sehingga tidak mati suri,\" kata Ketua Umum Rafflesia Motions, Robby Fachru Rozie, kemarin (6/12).

Ia menjelaskan, pada ajang film pendek ini ada 17 judul film yang ikut dalam seleksi, antara lain Arti Teman Sejati karya Chanda Studio, Nightmare Part 2 karya Chanda Studio, Rahasia karya COMMA, Menjelang Siang karya ADP Film, Si Anak Pisang karya GG Production, Bangkit karya SMKN 2 Putri Hijau, Kegelisahanku karya SMKN 2 Putri Hijau, LGBT karya SMKN 2 Putri Hijau, Umak karya SMKN 2 Putri Hijau, Wiliam yang tersakiti karya SMKN 2 Putri Hijau, Mateharai Teburo karya SMKN 3 Kota Bengkulu, Perjuanganku Cinta Budayaku karya SMKN Kota 3 Bengkulu, Oase di bawah lubang ozon karya Pigura, Jambret karya Humas POLDA Bengkulu, Penangkapan karya Humas POLDA Bengkulu, Homeeless karya Jam Production, Finding Rafflesia karya SMK N 1 Putri Hijau.

\"Dalam ajang ini kategori peserta terdiri dari tiga golongan yaitu peserta umum, mahasiswa dan pelajar,\" tuturnya. Ia menerangkan, setelah dilakukan pemutaran film pendek tersebut, maka pihaknya melalui tim juri yang terdiri 4 orang akan menilai film mana yang layak untuk masuk dalam kategori 5 terbaik yang akan kembali diselenggarakan pada tanggal 17 Desember 2016 mendatang.

\"Di sini yang menjadi juri ada 4 orang yaitu Apek Kendri dari BETV, Dedi Santoso yang merupakan Composer, Elsi Novarita seorang akedemisi dan Mulyadhi Bachtiar seorang seniman asli Bengkulu,\" jelasnya.

Tim juri akan memilih 5 film pendek yang akan diputar pada malam puncak dan masuk dalam nominasi kategori penghargaan seperti sutradara terbaik, skenario terbaik, penata artistik terbaik, audio terbaik, penyunting gambar terbaik, penata camera terbaik, aktor dan film terbaik.

\"Di sini ada delapan kategori yang akan diperebutkan oleh peserta dan akan melalui penilaian yang objektif dan transparan,\" ucapnya.

Ia menjelaskan, ajang film pendek ini digelar karena pihaknya menganggap seniman dari industri perfilman semakin berkurang dan semakin hilang sehingga ajang ini bisa menjadi salah satu wadah anak-anak muda yang ingin menyalurkan hobinya di dunia perfilman sehingga bisa tersalurkan.

\"Kita yakin kegiatan ini bisa membuat anak-anak muda Bengkulu yang hobi perfilman bisa berkembang apalagi kegiatan ini rencanaya setiap tahun akan kita gelar terus,\" bebernya.

Ia menyampaikan, untuk saat ini peran serta dalam Pemerintah Provinsi dan Kota Bengkulu belum ada sama sekali padahal ini merupakan salah satu karya seni yang bisa membawa nama baik Bengkulu ke kancah nasional bahkan bisa mencapai internasional lewat perfilman.

\"Hingga saat sama sekali belum ada peran serta dari pemerintah Bengkulu, padahal ini juga merupakan industri yang bisa membawa nama Bengkulu ke depannya nanti,\" ungkapnya.

Ia berharap, pemerintah baik provinsi maupun kota lebih memperhatikan lagi ajang-ajang seperti ini, apalagi ini merupakan ajang karya seni yang bisa mendunia bahkan di provinsi dan negara lain.

\"Kita harapkan pemerintah tahu fungsi dan tugasnya apa, sehingga apa yang kita lakukan ini setidaknya bisa dilihat dan didengar oleh pemerintah dan kita berharap ada wadah yang lebih besar lagi daripada yang saat ini,\" tutupnya. (529) Judul Film Pendek yang Ikut Lomba: 1. Arti Teman Sejati karya Chanda Studio 2. Nightmare Part 2 karya Chanda Studio 3. Rahasia karya COMMA 4. Menjelang Siang karya ADP Film 5. Si Anak Pisang karya GG Production 6. Bangkit karya SMKN 2 Putri Hijau 7. Kegelisahanku karya SMKN 2 Putri Hijau 8. LGBT karya SMKN 2 Putri Hijau 9. Umak karya SMKN 2 Putri Hijau 10. Wiliam yang tersakiti karya SMKN 2 Putri Hijau 11. Mateharai Teburo karya SMKN 3 Kota Bengkulu 12. Perjuanganku Cinta Budayaku karya SMKN Kota 3 Bengkulu 13. Oase di Bawah Lubang Ozon karya Pigura 14. Jambret karya Humas POLDA Bengkulu 15. Penangkapan karya Humas POLDA Bengkulu 16. Homeeless karya Jam Production 17. Finding Rafflesia karya SMAN 1 Putri Hijau

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: