1.600 Personel Amankan Helmi-Linda

1.600 Personel Amankan Helmi-Linda

BENGKULU, BE - Pelantikan Walikota dan Wakil Walikota terpilih, Helmi Hasan-Patriana Sosialinda yang akan digelar besok (21/1) akan mendapat penjagaan ketat dari pihak keamanan. Sedikitnya 900 personel dari anggota kepolisian dan 700 personil dari Satpol PP dan Kodim. Hal ini disampaikan Kapolres Bengkulu, AKBP Joko Suprayitno ST MK dalam rapat unsur Muspida kota Bengkulu tentang persiapan pelantikan Walikota dan Wakil Walikota di Balai Kota, kemarin.

Dalam kesempatan itu, Kapolres mengungkapkan bahwa pelantikan merupakan kegiatan Pilwakot di kota Bengkulu setelah melalui proses panjang yang menghabiskan waktu hampir selama 9 bulan. Untuk itu, pihaknya pihaknya akan mengerahkan personel keamananya agar proses pelantikan dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

\"Ini merupakan puncak kegiatan Pilwakot yang telah berlangsung hampir selama 9 bulan lalu. Saya kira kemenangan ini adalah kemenangan kita bersama karena itu kita harapkan pelantikan bisa berjalan dengan tertib. Dan kami juga telah menyiapkan personel untuk menjadi keamanan pelantikan itu,\" terangnya.

Petugas keamanan akan menjaga ketat kawasan Balai Buntar tersebut, mulai dari pinggir jalan, di lingkungan Balai Buntar, hingga kedalam ruangan pelantikan.  \"Nanti didalam ruangan akan disiapkan sekitar 50 personil, baik yang menggunakan seragam lengkap, maupun berpakaian preman,\" ujarnya.

Sistem masuk ke ruangan pelantikan, Joko menjelaskan pihaknya akan memeriksa tamu satu persatu dengan menggunakan metal detector dan pintu menggunakan security door.

\"Jadi bila ada tamu yang memiliki gelagat tidak baik langsung diamankan petugas, dan bagi yang tidak membawa surat undangan tidak diperkenankan untuk masuk,\" tegas Kapolres.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kota, Ivansori menjelaskan arus lalu lintas dan tempat parkir. Ia mengutarakan jalan di depan Balai Buntar, khususnya jalur yang berbatasan dengan Balai Buntar akan ditutup total mulai dari simpang Harapan hingga ke simpang KM 8. Dan jalan itu akan digunakan sebagai tempat parkir bagi undangan golongan C yang terdiri dari para Camat, Lurah, ketua RT/RW dan masyarakat yang jumlahnya mencapai 1.649 orang.

Sementara bagi undangan golongan A yang terdiri anggota DPRD kota, KPU kota dan kepala daerah, lokasi parkirnya dilingkungan gedung Balai Buntar yang berjumlah 575 undangan.

Sementara tamu golongan B lokasi parkirnya  tersebar pada dibeberapa titik, seperti di pekarangan rumah Dinas Wakil Gubernur, Halaman Kantor Kodim, di Kantor Kanwil Kemenkum dan Ham dan lapangan tenis samping sekretariat Panwaslu Kota. \"Undangan golongan B ini berjumlah 1000 orang, nanti di lokasi  parkir  akan diarahkan oleh petugas,\" ucapnya.

Ivan meminta kepada seluruh undangan untuk melihat denah lokasi parkir yangh tertera diundangan masing-masing. Hal ini sangat penting untuk menghindari kemacetan, mengingat jumlah undangan yang hadir  diperkirakan mencapai 4000 orang.

Di bagian lain, Sekretaris DPRD kota, Selupati SH mengatakan bahwa sejauhnya ini persiapan pelantikan sudah cukup matang oleh Sekretariat DPRD kota.  \"Untuk para undangan sendiri kita bagi kedalam 3 golongan, yakni golongan A dilantai 1, sedangkan untuk golongan B dan C kami tempatkan dilantai 2,\" terangnya.

Terkait pelaksanaan gladi bersih, Selupati mengaku akan dilaksanakan pukul 20.00 WIB malam ini. Karena pada hari ini gedung tersebut masih digunakan acara pernikahan.

\"Kami sendiri baru bisa bekerja menyiapkan ruangan sekitar pukul 14.00 WIB siang besok (Siang ini,red) karena dari pagi hingga siang masih ada acara resepsi pernikahan,\" terang Sekwan. Dihadiri 3 Menteri Sebelum direncanakan 4 Menteri akan hadir dalam pelantikan tersebut, namun belakangan ini diketahui hanya 3 Menteri yang hadir. Ketiga Mentri itu adalah tu adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, Menteri Kelautan dan Perikanan Tjitjip Sutardjo.

Sementara Meneg Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar batal hadir, karena ada halangan penting.  \"Kami baru mendapatkan konfirmasi, bahwa hanya 3 Menteri yang hadir sedangkan Menteri MenPAN dan RB berhalangan,\" kata Kabag Protokoler Pemprov, Darpinudin dalam rapat, kemarin.

Sedangkan tokoh nasional, seperti Prabowo Subianto, Amien Rais, Sekjen PAN Taufik Kurniawan dan Wakil Ketua DPR RI Prio Budi Santoso dipastikan akan hadir dalam pelantikan Helmi-Linda tersebut. Pemprov telah melakukan berbagai persiapan untuk menyambut kedatangan menteri dan tokoh nasional tersebut di Bandara Fatmawati Bengkulu.  \"Rencananya para Menteri dan beberapa tokoh nasional itu akan kami bawa ke rumah Pak Gubernur,\" tutupnya.

Usai mengelar rapat tersebut, Kapolres Bengkulu, Sekda kota, Sekretaris DPRD kota, beberapa pejabat Pemkot bersama perwakilan Bagian protokoler Pemerintaah Provinsi Bengkulu langsung turun ke Balai Buntar guna melihat tempat duduk dan lokasi parkir tamu para undangan.(400)  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: