DPPKAD Optimis Serapan APBD Tepat Waktu

DPPKAD Optimis Serapan APBD Tepat Waktu

TUBEI,BE - Plt Kepala DPPKAD Lebong, Mahmud Siam SP MM mengatakan pihaknya optimis realisasi  APBD 2013 ini akan berjalan tepat waktu. Ditarget, penyerapannya pun akan selesai sebelum berakhirnya tahun anggaran. Hal tersebut dikatakannya, setelah APBD disahkan dewan dan sudah diverifikasi oleh Gubernur Bengkulu.

\"Verifikasi APBD 2013 kita telah selesai dilakukan oleh Pemprov. Seluruh SKPD telah menyerahkan nama-nama PPTK yang akan melaksanakan kegiatan di masing-masing instansi. Pencairan dana bagi setiap SKPD kita upayakan bisa di lakukan sekitar akhir bulan ini (januari, red). Dengan kondisi sekarang kita optimis penyerapan APBD tahun 2013 akan tepat waktu sebagaimana yang menjadi Instruksi Bupati,\" ungkap Mahmud.

Dikatakan Mahmud, dengan telah ditunjuknya PPTK oleh masing-masing SKPD, diharapkan semua kegiatan segara dapat dilaksanakan masing-masing setiap dinas dan instansi. Sesuai Permendagri No 13 Tahun 2006 Tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah sebagaimana telah diubah oleh Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 21 Tahun 2011 Tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah dan PP 58 tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, setiap awal tahun bupati harus menunjuk pejabat pengguna anggaran (KPA), bendaharawan, pejabat penandatangan SPP, SPM dan penandatangan SP2D.

\"Usulan penetapan SK pejabat pengelola kegiatan sudah kita lakukan. Sekarang tinggal para pengelola kegiatan melakukan pengurusan proses perbankan. Pengelola kegiatan harus melakukan spesimen tanda tangan ke Bank, supaya berhak melakukan pencairan dana kegiatan,\" kata Mahmud.

Selain itu, lanjut Mahmud, proses pelelangan proyek kegiatan dilakukan melalui Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE). \"Semua harus pakai LPSE. Februari nanti semua sudah bisa mendaftar lelang proyek,\" pungkas Mahmud.(777)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: