Enam Sekolah Terima DAK

Enam Sekolah Terima DAK

\"dana_bengkulu_ekspress\"

TAIS, BE - Nilai dana alokasi khusus(DAK) tahun 2016 di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Seluma pada 2016 ini Rp 1,4 miliar. Dana ini disalurkan pada enam sekolah penerima. Pengelolaannya dilakukan secara swakelola oleh sekolah penerima masing-masing.

“Penyaluran DAK telah berjalan dengan jumlah bervariatif untuk rehap rusak berat kelas dan pembangunan perpustakaan sekolah,” ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Seluma Muksir Ibrahim SPd melalui Kepala Sub Bagian Keuangan Marini SE kepada BE kemarin (17/10).

Marini merincikan sekolah penerima DAK itu antara lain, SDN 47 untuk merehab ruang belajar sebanyak 4 kelas, SDN 70 sebanyak 2 ruang kelas, SDN 152 untuk ruang belajar sebanyak 4 ruangan, serta SDN 22 untuk rehab ruang belajar sebanyak 4 ruangan. Sementara pembangunan perpustakaan sekolah ada pada SD N 142 Seluma dan SD N 07 Seluma. Besaran DAK masing-masing sekolah bervariatif disesuaikan dengan kebutuhan.

“Sekarang sekolah penerima sudah mengusulkan pencairan tahap awal dan beberapa diantaranya sudah mulai dikerjakan oleh sekolah. Pencairan anggran DAK ini sebanyak 3 tahapan seperti biasanya. Bila pekerjaan fisik cepat dilakukan, maka anggaran kembali dikucurkan,”ujarnya.

Proyek DAK itu dipastikan bisa diselesaikan pada 2016 ini. Mengingat proyeknya hanya berupa rehab ruang belajar dan pembangunan perpustakaan. Sekolah pun telah disurati untuk menyegerakan pekerjaan fisik menggunakan anggaran DAK tersebut. Targetnya bangunan yang dibangun itu sudah bisa dimanfaakan diawal 2017.

Marini menerangkan untuk pendidikan menengah (Dikmen) 2016 tidak ada DAK. Karena setelah 2016 Dikmen sudah bergabung ke dinas provinsi sehingga pembangunan DAK tahun mendatang diserahkan ke Dinas Pendidikan Provinsi. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: