Air Terjun Tangga Seribu Mulai Dikelola

Air Terjun Tangga Seribu Mulai Dikelola

\"ist-air-terjun-tangga-seribu-1\"

CURUP, BE- Sadar akan potensi wisata yang dimiliki oleh daerahnya. Saat ini sejumlah pemuda yang ada di Desa Kepala Curup Kecamatan Binduriang Kabupaten Rejang Lebong mulai mengelola objek wisata air terjun tangga seribu.

Salah satu langkah yang dilakukan para pemuda Kapala Curup yaitu dengan membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pesona Alam Desa Kepala Curup. Menurut Dewan Penasehat Pokdarwis Pesona Alam Desa Kepala Curup, pengembangan objek wisata tangga seribu tersebut sebagai bentuk dukungan untuk menjadikan Rejang Lebong sebagai Kota Wisata.

\"Potensi objek wisata ini sangat menjanjikan, namun memang selama ini belum digarap secara maksimal,\" ungkap pria yang akrab disapa Mang Deng tersebut.

Dijelaskan Mang Deng, Air Terjun Tangga Seribu ini sendiri sudah mulai ditemukan sejak tahun 1980-an. Namun selama ini belum banyak dikunjungi oleh masyarakat, karena dinilai rawan akan tindak kriminalitas.

Hanya saja menurutnya, seiring dengan timbulnya kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga keamanan. Saat ini sudah banyak pengunjung yang ingin menikmati idahnya air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 100 meter tersebut, bahkan menurutnya pengunjung bukan hanya datang dari Rejang Lebong saja, namun juga berasal dari luar Rejang Lebong.

\"Saat ini pengunjung banyak dari luar Rejang Lebong seperti dari Lubuklinggau,\" jelasnya

Untuk tahap awal pengembangan saat ini, Mang Deng memastikan setiap pengunjung Air Terjun Tangga Seribu akan dilindungi keamanannya oleh anggota Pokdarwis dan masyarakat sekitar. Selain itu pengunjung juga belum dikenakan tarif retribusi masuk, karena menurutnya masih dalam masa sosialisasi.

\"Selain kita jamin keamanannya, saat ini pengunjung juga kita tidak kenakan biaya atau gratis karena saat ini masih dalam masa promosi,\" tegas Mang Deng yang juga anggota Presedium calon Kabupaten Lembak tersebut.

Diakui Mang Deng, saat ini belum banyak pasilitas pendukung yang dibangun dikawasan air terjun tersebut. Sehingga saat ini para pengunjung hanya bisa menikmati keindahan alam semata. Namun dengan dibentuknya Pokdarwis Pesona Alam Desa Kepala Curup. Saat ini Pokdarwis Pesona Alam Kepala Curup tengah mengusulkan kepada Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong untuk membangun sarana dan prasarana.

Sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam pengembangan Air Terjun Tangga Seribu tersebut seperti pondok wisata, identitas pengurus wisata desa hingga pelatihan keterampilan pengelola wisata dan masyarakat sekitar lokasi wisata sehingga bisa menunjang desa wisata dalam bidang industri kerajinan tangan maupun lainnya.

\"Dengan dibangunnya air terjun ini, kami yakin bisa menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Kabupaten Rejang Lebong ini,\" akhir Mang Deng.(251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: