Perpus Keliling Digalakkan

Perpus Keliling Digalakkan

BINTUHAN, BE - Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (Perpusda) Kabupaten Kaur tidak henti-hentinya berupaya untuk meningkatkan minat baca bagi warga. Salah satu upaya yang digalakkan, pihak Perpusda menningkatan layanan Perpustakaan Keliling.

“Program Perpustakaan keliling adalah salah satu prioritas yang akan ditingkatkan layanannya. Hal ini disebabkan masih kurangnya akses masyarakat dalam mendapatkan referensi bacaan,” kata Kepala Perpusda Kaur Ujang Saferi S Pd, kemarin (7/10).

Dikatakan Ujang, kehadiran perpustakaan keliling ini bertujuan untuk menjangkau wilayah pedalaman yang tak punya akses buku. Sebab, dengan adanya perpustakaan para siswa atau warga yang ingin membaca tidak kesulitan lagi memperoleh bahan bacaan. Juga dengan program ini, daerah terpencil yang tak memiliki perpustakaan berkesempatan mendapatkan bacaan lewat mobil perpustakaan keliling.

“Saya rasa dengan mengadakan program perpustakaan keliling saat ini, minat baca akan meningkat. Sebab, mereka tidak kesulitan lagi untuk memperoleh bahan bacaan,” terangnya.

Lanjutnya saat ini sarana dan prasarana telah lengkap untuk melayani masyarakat. Namun Perpusda akan terus berupaya dalam meningkatkan minat baca. Sebab ia mengakui jika minat baca warga Kaur masih kurang. Namun kedepan pihaknya tetap mengalakan minat baca masyarakat Kaur ini.

“Sekarang ini kita kekurangan pustakawan. Meski demikian kami tetap berupaya agar bisa meningkatkan minat baca warga Kaur ini terutama siswa, salah satu upaya adalah menjemput di sekolah dengan menyiapkan perpustakaan keliling,” ujarnya.

Ditambahkannya, untuk meningkatkan minat baca Perpustakaan akan menambah mobil perpustakaan keliling, agar bisa menjangkau setiap daerah yang ada. Sebab, saat ini Perpustakaan hanya memiliki dua unit mobil saja.

“Kita masuk ke skolah untuk memberikan pelayanan kepada para siswa, sehingga siswa atau warga untuk meminjam buku tidak lagi repot,” jelasnya.(618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: