Disidak Bupati, PNS Banyak Bolos

Disidak Bupati, PNS Banyak Bolos

 TAIS, BE- Bupati Seluma H Bundra Jaya SH MH secara mendadak kemarin siang sekitar pukul 13.15 WIB melakukan inspeksi mendadak ke seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Untuk melihat kehadiran seluruh PNS nya. Karena selama ini Bupati Seluma sudah sering mendapatkan laporan mengenai PNS yang mulai jarang masuk kantor, serta datang terlambat dan pulang lebih awal.

Padahal sesuai jam kerja yang sudah ditetapkan, PNS masuk pukul 07.30 WIB dan pulang pukul 15.30 WIB. Ironisnya, dari semua SKPD yang ada di komplek perkantoran Pemkab Seluma. Justru Sekretariat DPRD Seluma yang paling parah. Padahal baru selesai jam istirahat, tapi tidak ada satupun PNS yang terlihat di lingkungan Sekretariat DPRD Seluma. Hanya ada satpol PP yang bertugas menjaga kantor bersama dengan satpam nya. Padahal seharusnya PNS dilingkungan Setwan Seluma yang jumlahnya hampir mencapai 30 orang harus masuk kerja seperti biasanya.

“Saya sangat kecewa dengan kinerja PNS di lingkungan Setwan Seluma, sekarang ini masih siang baru selesai jam istirahat, tapi PNS sudah kosong. Tidak ada satu orangpun PNS yang masuk kantor,” tegasnya.

Menurutnya, meskipun anggota DPRD Seluma saat ini sedang melakukan bimbingan teknis (Bimtek) serta didampingi Sekretaris DPRD dan beberapa orang stafnya. Tapi tentunya masih ada PNS dan Kepala Bagian (Kabag) lainnya yang seharusnya tetap hadir. Serta melaksanakan kewajiban mereka sebagai PNS. Kemudian datang dan pulang sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan.

“Jangan mentang mentang anggota dewan lagi dinas luar, lantas PNS nya tidak masuk. PNS itu digaji oleh negara harus menjalankan tugasnya dengan baik, kalau tidak bersedia lagi menjadi PNS sebaiknya buat surat pernyataan,” tegas Bupati Seluma.

Bupati mengatakan untuk PNS yang bolos hari ini, dirinya akan menerapkan sanksi sesuai dengan PP nomor 53 tahun 2010. Akan dilihat daftar hadirnya. Karena untuk PNS yang sudah tidak masuk selama 46 hari secara akulumatif. Bisa langsung diberhentikan dari statusnya sebagai PNS. Kemudian juga akan memerintahkan Sekda Seluma untuk segera memberikan surat peringatan bagi PNS di Setwan “Kecuali ada surat dan memang sakit, tapi tidak mungkin satu sekretariat semua PNS nya kosong,” keluhnya.

Untuk pejabat yang menduduki jabatan di Sekretariat DPRD Seluma, Bupati Seluma akan mengevaluasi pakta integritas yang sudah ditandatangani. Karena mereka sudah berjanji akan menjalankan tugas sebaik mungkin. Kemudian menjalankan disiplin PNS dengan benar. Selain Setwan Seluma, di beberapa SKPD Bupati Seluma juga menemukan PNS yang tidak masuk. Namun jumlahnya hanya satu atau dua orang. “Akan menjadi catatan bagi saya untuk melakukan evaluasi kinerja mereka kedepannya,”pungkasnya.

Hanya saja, ketika dikonfirmasi kepada Sekretaris Dewan(sekwan) DPRD Seluma Supratman MM belum berhasil setelah beberapa kali untuk di hubungi melalui ponsel genggamnya.(333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: