Kredit Mikro BRI Syariah

Kredit Mikro BRI Syariah

\"BankBENGKULU,BE - PT Bank BRI Syariah berkomitmen untuk membantu usaha kecil menengah (UKM). Ini ditunjukkan dengan dikeluarkannya produk bantuan kepada UKM dalam bentuk bantuan dana perkreditan yang mereka beri nama Unit Mikro BRI Syariah iB. Selain itu program ini juga memberikan harapan kepada masyarakat untuk mengembangkan usahanya melalui bantuan modal.

\"Ini bentuk komitmen kita membantu usaha kecil menengah. Bantuan kita ini berbasis syariah,\" ujar Account Officer Bank BRI Syariah Bengkulu Wilkin Dodi Ginting.

Menurut Dodi pembiyaan yang diberikan BRI Syariah mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 500 juta, sedangkan untuk margin yang diberikan BRI Syariah beragam sesuai  jumlah pembiayaan yang diberikan. Untuk pembiayaan  diatas Rp 250 juta margin yang diberikan 0,95 persen sampai 1 persen. Margin yang diberikan disesuaikan dengan keadaan nasabah. Sedang  pembiayaan di bawah Rp 250 margin yang diberikan kompetitif yaitu antara 1,2 persen hingga 1,6 persen.

\"Karena kita menggunakan sistem syariah atau berdasarkan sistem jual beli, maka margin tersebut masih bisa ditawar sesuai kesepakatan,\" tambah Dodi.

Persyaratannya sangat mudah, pertama warga Indonesia yang berdomisili di Indonesia, usia minimal 21 tahun dan 18 tahun bagi yang sudah menikah. Memiliki usaha tetap dengan sistem syariah, tujuan pembiayaan untuk kebutuhan modal kerja atau investasi, jaminan atas nama milik sendiri/pasangan/orang tua /anak kandung. Biaya administrasi mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku.

Persyaratan dokumennya calon nasabah cukup menyiapkan fotocopi KTP dan pasangannya bagi yang sudah menikah, kartu keluarga dan akta nikah, akta cerai atau surat kematian pasangan serta surat izin usaha atau surat keterangan usaha.  \"Untuk pembiayaan Rp 25 juta ke bawah dan sudah punya pinjaman dengan jenis yang sama namun ingin melakukan penambahan tidak perlu melampirkan dokumen  jaminan. Tapi jika belum pernah harus melampirkan jaminan,\" terang Dodi.

Jaminan yang diberikan bisa sertifikat tanah maupun rumah serta BPKB kendaraan bermotor sedangkan besarnya biaya yang diberikan sebesar 80 persen dari nilai jaminan.

Masa pinjaman  modal kerja selama tiga tahun dan investasi selama lima tahun. Nasabah tidak perlu repot-repot ke Kantor cabang BRI Syariah di jalan S Parman Tanah patah Kota Bengkulu.  Saat ini kantor Unit BRI Syariah sudah ada di Kepahiang, Arga Makmur, Seluma, Pagar Dewa dan Panorama.  \"Melihat besarnya minat nasbah untuk menabung di Bank BRI Syariah, tahun 2013 ini kita akan membuka kantor di Manna dan Curup,\" pungkas Dodi.(cw2)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: